Puluhan Warga Mubar Demo Kejari Muna – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Puluhan Warga Mubar Demo Kejari Muna

Puluhan pendemo di depan kantor Kejari Muna dikawal ketat aparat kepolisian.FOTO:Ahmad/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Raha–Puluhan warga kabupaten Muna Barat (Mubar) yang mengatas namakan Gerakan Revolusi Angkatan Muda Kemenangan Rakyat Bergerak Bersama Rakyat (Angka Keramat) menggelar aksi demostrasi di kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Muna pada Senin (30/1) siang.

Dalam aksi yang dikawal ketat aparat kepolisian dari Polres Muna saat itu, puluhan demostran ini mendesak agar Kejari Muna dapat segera menyelesaikan penanganan perkara tindak pidana korupsi ADD yang diduga dilakoni oleh puluhan kepala desa di Mubar. “Kami meminta Kejari Muna agar semua kades se Muna Barat, baik yang telah dilaporkan maupun dalam proses investigasi dugaan korupsi penyalahgunaan ADD, apabila telah cukup bukti para kades tersebut segera ditahan sebagai langkah cepat proses penegakan hukum di NKRI,” ucap ketua umum Angka Keramat La Ode Andum Rahwana dalam orasinya didepan kantor Kejari Muna Senin, (30/1) siang.
Selain itu, puluhan warga Mubar ini juga melaporkan dua Kades di Mubar yakni Kades Lawada Jaya dan Kades Marobea kecamatan Sawerigadi, Mubar dimana, mereka menganggap Kades Lawada Jaya diduga telah melakukan penggelapan dana desa sebanyak Rp120.524.200 dari total anggaran pendapatan belanja desa tersebut pada tahun anggaran 2015 sebesar Rp447.671.000. Demikian pula desa Marobea juga dianggap telah melakukan pengelapan dana desa sebanyak Rp80.296.600 dari total anggaran APBDes Marobea pada tahun 2015 sebesar Rp389.322.200.
“Kami meminta Kejari Muna agar menerima laporan kami atas dugaan korupsi yang terjadi di desa Lawada Jaya dan desa Marobea yang telah kami lampirkan dalam laporan kami,” pintahnya.
Sementara itu, Kasi Intel Kejari Muna Laode Abdul Sofyan saat menjumpai para demonstran berjanji akan mengusut tuntas laporan dugaan korupsi yang masuk dimeja kejaksaan. Namun Ia tidak dapat menjanjikan seberapa cepat pihaknya dapat mengusut dugaan korupsi yang terjadi di desa Lawada Jaya dan desa Marobea seperti yang dikehendaki oleh para demostran. “Semua laporan yang masuk ke Kejaksaan itu kami respon dan tentu kami menindak lajunjutinya sesuai prosedur protab yang ada. Laporan dua kades ini juga kami terima, namun cepat lambatnya kami tidak bisa menjanjikan bahwa ini (laporan dua desa di Mubar. Red) secepatnya, bahwa kami ini akan lebih cepat, karena kami punya keterbatasan,” terangnya.
Pantauan Kolaka Pos Senin siang itu, pasca mendapat keterangan langsung dari pihak kejaksaan dan laporan yang mereka adukan diterima dengan baik oleh pihak Kejari Muna, puluhan demostran asal Mubar ini langsung membubarkan diri secara tertib dan damai. (m1/b/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top