Pertanian Bebas Kimia Bakal Dikembangkan – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Metro Kolaka

Pertanian Bebas Kimia Bakal Dikembangkan

Bupati Kolaka saat melakukan panen raya. Rencananya Pemda Kolaka berencana akan mengembangkan pertanian yang bebas dari bahan kimia.FOTO:dok/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka–Pemerintah Daerah Kolaka kini tengah menyiapkan lahan untuk pengembangan lahan pertanian padi sawah yang bebas dari bahan kimia. Hal itu disampaikan oleh Bupati Kolaka, Ahmad Safei kepada wartawan.

Menurut Safei untuk kepentingan tersebut, Pihak Pemda Kolaka sudah menganggarkan pengadaan non kimia atau pupuk organik. “Jadi kami Pemerintah Daerah sudah menganggarkan Rp100 juta untuk pengadaan pupuk organik,” kata Bupati Kolaka Ahmad Safei.
Lanjunya, penggunaan pupuk kimia atau nonorganik bisa memberi dampak untuk kesehatan, sehingga di beberapa daerah sudah mulai mengembangkan tanaman tanpa bahan kimia atau lebih pada penggunaan pupuk organik.

Safei juga menjelaskan, menggunakan pupuk organik bagi tanaman sangat bermanfaat selain produktivitas tanaman meningkat dan nilai jual dipasaran juga semakin baik. “Zaman sekarang produk ini banyak dikembangkan utamanya produk pertanian yang diekspor,” ungkapnya.

Untuk mewujudkan itu kata dia, Pemda akan mengembangkan program itu dengan menggunakan lahan seluas 10-20 hektar tanaman padi di beberapa daerah. “Kita akan coba kembangkan pada lahan seluas 10 – 20 hektar khusus tanaman padi dulu di beberapa tempat,” ujarnya. (cr4/b)

Click to comment

The Latest

To Top