Dinas Nakertrans Konut Tempati eks Kantor Dinas Pertambangan – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Dinas Nakertrans Konut Tempati eks Kantor Dinas Pertambangan

Kepala Dinas Nakertrans Konut, H. Muhardi Mustafa.

KOLAKAPOS, Wanggudu–Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Konawe Utara, telah dipindahkan. Kantor yang sebelumnya berada di desa Lahimbua, kecamatan Andowia, kini dipindahkan ke lingkup perkantoran ibukota Konawe Utara, di Wanggudu.
Hal tersebut dilakukan untuk mempermudah akses dan pelayanan kepada masyarakat. “Sejak saya menjabat sebagai Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Konawe Utara, hal pertama yang saya lakukan adalah pembenahan ASN yang mana hal itu sesuai dengan penempatan yang ditetapkan oleh bapak bupati (Konut, red), setelah itu pembenahan kantor yang mana selama ini banyak masyarakat yang bertanya kantor Dinas Nakertrans itu ada dimana? Sehingga jalan satu-satunya adalah kantor dinasnya harus ada di lingkup perkantoran. Semua itu kami lakukan untuk memudahkan akses dan pelayanan kepada masyarakat, karena mengingat Dinas Nakertrans itu banyak berkaitan atau multi sektor dengan dinas lainnya, terutama yang berhubungan dengan masalah ketenaga kerjaan,” ujar Kepala Dinas Nakertrans Konut, H. Muhardi Mustafa, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (31/1).
Menurutnya, pegawai sangat antusias karena sekarang akses dan pelayanan yang akan mereka laksanakan akan semakin mudah dan cepat, karena sudah berada di lingkup perkantoran yang sebelumnya berada sekitar lima kilometer dari wilayah perkantoran Konawe Utara.
“Kini kantor Nakertrans Konut berada di eks kantor Dinas Pertambangan Konut. Kantor tersebut memiliki fasilitas yang cukup lengkap, termasuk Mushollah yang dibangun Dinas Pertambangan akan dilanjutkan pembangunannya dan sekitar bulan Februari 2017 akan dimanfaatkan. Untuk diketahui, bahwa Dinas Nakertrans ini Aparatur Sipil Negara (ASN) terdiri dari dua instansi yang dilebur, yakni Dinas Nakertrans dan Pertambangan, karena bupati Konawe Utara menyerahkan kepada ASN untuk memilih dimana mereka mau bertugas, asal bisa melaksanakan tugasnya dengan baik sehingga secara kolektif diberikan SK penempatan,” jelas mantan Kadis Pertambangan dan Energi Konut ini.
Selain itu, ia juga optimis untuk meningkatkan mutu tenaga kerja dengan memaksimalkan Balai Latihan Kerja (BLK) yang ada di desa Lahimbua. “Semua itu dilakukan untuk meningkatkan mutu tenaga kerja kita di daerah ini, agar kedepan masyarakat Konawe Utara jika mau bekerja di luar Konawe Utara memiliki skill dan keterampilan lainnya, agar tak kewalahan jika mereka mau mencari kerja seperti di kota Kendari atau di perusahaan,” ungkapnya.
Lebih lanjut ia mengungkapkan, untuk tenaga Kerja Indonesia (TKI) pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Kementerian Tenaga Kerja, terkait skill yang dibutuhkan agar nantinya jika keluar negeri tidak hanya menjadi pembantu rumah tangga saja, tapi menjadi tenaga kerja yang handal.
“Terkait masalah transmigrasi di Konawe Utara ini masih kita lakukan pembenahan sejumlah wilayah trans, yang masih mengalami keterlambatan terutama dalam hal sarana dan prasarana, baik itu penerangan lampu listrik namun bapak Bupati sudah melakukan upaya berupa permohonan sudah ditandatangani untuk listrik di daerah ini baik itu listrik PLTS maupun PLTMH, nanti PLTS ataupun PLTMH akan terpusat sehingga mudah dilakukan pengontrolannya, sehingga kedepan kita harapkan Konawe Utara tidak krisis listrik lagi,” harapnya. (k7)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top