Terkendala Listrik, Pemkab Koltimb Bakal Surati PLN – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Kolaka Timur

Terkendala Listrik, Pemkab Koltimb Bakal Surati PLN

Suasana rapat persiapan MTQ.FOTO:Inga/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Tirawuta–Menjelang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ ke 4, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Timur (Koltim) mulai berbenah. Salah satunya persiapan listrik di desa Inebenggi Kecamatan Mowewe. Rencananya, Pemkab Koltim akan menyurati PLN agar kebutuhan listrik pada saat MTQ bisa berjalan dengan lancar.
Bupati Koltim, Tony Herbiansyah menegaskan akan segera mengatasi masalah tersebut, sehingga dalam waktu dekat ini, pihak yang terkait untuk segera dikoordinasikan kepada pihak PLN. Hal ini bertujuan agar dapat memenuhi kebutuhan listrik di Mowewe pada saat pelaksanaan MTQ berlangsung.

“Soal listrik, nanti dikoordinasikan, kalau bisa hari ini dilayangkan surat kepada PLN agar bisa mengatasi persoalan listrik di Mowewe khususnya Desa Inebenggi sebagai pusat pelaksanaan MTQ tahun ini”, ungkapnya.

Untuk itu katanya, Ketua NasDem Sultra ini menghimbau agar panitia bersinergi dalam menyukseskan kegiatan MTQ kali ini. “Saya kira, masing-masing sudah tau apa yang harus di kerja. Jadi tidak perlu lagi menunggu perintah. Saya harap pelaksanaan MTQ tahun ini bisa lebih baik dari pada MTQ sebelumnya,” harapnya.

Sementara itu, Camat Mowewe Wasiruddin menuturkan, sebagai tuan rumah persiapan yang dilakukan hingga saat ini sudah hampir rampung.

“Alhamdulillah persiapan panggung sudah 40 persen, pemondokan juga sudah tersedia. Ditargetkan satu minggu sebelum hari pelaksanaan semua sudah rampung,” ungkapnya.

Meski demikian, masih ada persoalan yang perlu menjadi perhatian bersama, yaitu ketersediaan aliran listrik yang mana didaerah tersebut hanya dialiri pada malam hari saja, sementara kegiatan dilakukan dari siang hingga malam hari. “Ini harus menjadi perhatian kita semua untuk di carikan solusinya,” tuturnya.

Rapat pemantapan tersebut turut dihadiri, Wakil Bupati Koltim, Danramil Mowewe, Kapolsek Mowewe dan perwakilan Depag Koltim serta jajaran SKPD lingkup Koltim. Untuk diketahui, pelaksanaan MTQ ke-4 tingkat Kabupaten se Koltim ini akan diikuti seluruh kecamatan yang ada pada wilayah hasil pemekaran kabupaten Kolaka itu, yakni terdapat 12 Kecamatan.

Penetapan Kecamatan Mowewe sebagai tuan rumah sebenarnya sudah lama direncanakan. Bahkan pada MTQ ke 3 yang di gelar tahun lalu, sebenarnya Kecamatan Mowewe akan bertindak sebagai tuan rumah. Namun ketika itu, Kecamatan Mowewe bertindak sebagai tuan rumah hari keagaman yang turut dihadiri beberapa tamu yang berasal dari luar negara Indonesia, sehingga pada tahun ini baru bisa terlaksana.

Selain itu, sesuai hasil rapat, MTQ beberapa waktu lalu, MTQ yang akan diperlombakan terdapat 14 cabang yang akan dilombakan. Sejak Koltim menjadi daerah otonom baru, pelaksanaan MTQ ke I dipusatkan di Kecamatan Tirawuta, yakni di lapangan Nur Latamoro. Sedangkan untuk MTQ ke 2, dipusatkan di Kecamatan Ladongi. Lalu MTQ ke 3, dipusatkan di Kecamatan Loea bertindak sebagai tuan rumah. (m2/ing)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top