Pipa Bocor, Distribusi Air Dua Wilayah Macet – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SULSELBAR

Pipa Bocor, Distribusi Air Dua Wilayah Macet

Net/Ilustrasi

KOLAKAPOS, Palopo–Distribusi air PAM Tirta Mangkaluku di dua wilayah dalam Kota Palopo mengalami gangguan. Yakni sebagian wilayah kota dan juga wilayah utara Kota Palopo. Pasalnya, terjadinya kebocoran pipa di daerah Lebang tepatnya KM 3.

Hal ini diungkapkan Direktur PAM Tirta Mangkaluku, H Yasir, Rabu 25 Januari 2017. Untuk itu, Yasir meminta maaf atas ketidaknyamanan pelanggan atas kebocoran pipa yang menyebabkan distribusi air terganggu.
”Petugas kami telah melakukan perbaikan atas kebocoran pipa tersebut.

Dan tak lama lagi diupayakan distribusi air akan kembali lancar,” jelasnya.
Yasir menjelaskan, di tahun 2016 PAM Tirta Mangkaluku telah melakukan penggantian pipa distribusi berusia senja sepanjang kurang lebih 11 Km yang selama ini sudah seringkali mengalami kebocoran serta mengakibatkan tingginya tingkat kehilangan air fisik dan pada akhirnya berdampak terhadap buruknya pelayanan distribusi air ke rumah-rumah pelanggan.

Terkhusus di wilayah utara Kota Palopo, ujarnya, PAM Tirta Mangkaluku juga telah melakukan investasi dengan membangun jaringan pipa distribusi baru dengan panjang kurang lebih 8 Km. Yang mana pada tahun-tahun sebelumnya masyarakat yang berdomisili di wilayah tersebut belum dapat menikmati air PAM.
”Alhamdulillah dengan terselesaikannya pipa distribusi tersebut maka di tahun 2016 mereka juga sudah dapat menikmati air hasil olahan PAM Tirta Mangkaluku,” beber Yasir.

Dan tak kalah pentingnya adalah penggantian pipa distribusi induk di sepanjang Jalan Pongsimpin yang selama ini menjadi sorotan dan meresahkan masyarakat yang kesehariannya melintasi jalan tersebut akibat seringnya terjadi kebocoran serta mengakibatkan kerusakan pada badan jalan.

Hal ini berdampak pada terganggunya kenyamanan pengendara yang melalui jalur tersebut bahkan seringkali mengakibatkan terjadinya kecelakaan lalu lintas.

”Setelah digantinya pipa tersebut sudah tidak ditemukan lagi kebocoran pipa di sepanjang Jalan Pongsimpin dan sudah tak nampak lagi jalan yang berlubang akibat galian pipa,” jelasnya.

Sementara itu, saat ini masih berlangsung proses pembangunan proyek IPAM 5 yang berlokasi di Batu Papan Kelurahan Padang Lambe yang pembangunannya sendiri diawali di tahun 2016 dan akan dirampungkan di tahun ini juga.

Dengan hadirnya IPAM 5 Batupapan ini nantinya akan berdampak terhadap bertambahnya produksi air hasil olahan PAM Tirta Mangkaluku yang siap untuk didistribusikan ke pelanggan khususnya bagi masyarakat yang berada di wilayah utara Kota Palopo. Proyek ini terbilang besar dengan nilai investasi yang cukup tinggi pula.
Dengan terwujudnya pembangunan beberapa IPAM serta semakin meluasnya jaringan pipa distribusi, jelasnya, berdampak terhadap meningkatnya jumlah pelanggan PAM Tirta Mangkaluku yang hingga saat ini telah mencapai 35.000 pelanggan.(palopo pos/fajar)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top