Kolaka Harus Punya Perda Kepemudaan – KOLAKA POS

KOLAKA POS

DPRD KOLAKA

Kolaka Harus Punya Perda Kepemudaan

Akbar Dili, Ketua KNPI Kolaka dan Musdalim Zakkir

KOLAKA POS, Kolaka —Anggota DPRD Kolaka Komisi I bidang Hukum dan Pemerintahaan, Musdalim Zakkir memandang perlu adanya peraturan daerah tentang kepemudaan di Kolaka. Menurutnya, hal tersebut diperlukan mengingat mulai tahun ini Dinas Kepemudaan dan Olahraga juga sudah terbentuk di Kabupaten Kolaka.
“Perda Kepemudaan ini harus ada, terlebih di daerah kita sudah terbentuk Dinas Kepemudaan dan Olahraga, sehingga diharapkan jika regulasi tentang kepemudaan ini ada, maka tentunya bidang kepemudaan kita akan lebih maju lagi. Makanya menurut saya Perda ini adalah sebuah kebutuhan yang mesti segera direspon, baik itu di DPRD sendiri maupun Pemda Kolaka untuk segera menyusun Perda yang memperkuat kepemudaan,” ungkapnya.
Legislator PKPI yang juga Sekretaris Umum DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kolaka itu menyatakan, Perda Kepemudaan tersebut nantinya bisa bermuatan partisipasi, peningkatan kapasitas dan beragam kegiatan-kegiatan substansial pemuda, yang memang perlu dituangkan dalam sebuah regulasi.
“Nantinya dengan adanya perda tersebut pemerintah kita bisa lebih maksimal dalam membina kepemudaan,” jelasnya.
Selain itu kata Musdalim, dengan adanya Perda tersebut Kota Kolaka bisa menuju kota layak Pemuda seperti kota atau kabupaten lain, yang mendapat apresiasi dari Kementerian Pemuda dan Olahraga.
“Menuju Kabupaten atau kota yang layak pemuda itu indikatornya kota/kabupaten harus memiliki regulasi aturan tentang kepemudaan, infrastruktur ruang ekspresi dan kreasi pemuda, kelembagaan komunitas pemuda dan kemandirian pemuda sebagai pelopor dalam hal Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, dan jika ini terwujud di pusat pasti akan mengapresiasi kita,” jelas anggota Badan Pembentukan Perda DPRD Kolaka ini.
Terkait usulan itu, secara terpisah Ketua KNPI Kolaka Akbar Dili, mengungkapkan dengan adanya Perda tentang kepemudaan hal itu membuat potensi kepemudaan di Kolaka bisa lebih terorganisir, sistematis dan aktif dalam kegiatan pembangunan.
“Semua ini bertujuan supaya para pemuda bisa tumbuh dan berdaya saing tinggi, memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan serta kepeloporan. Jika Perda itu lahir, saya yakin pengembangan potensi pemuda di daerah ini akan lebih maksimal. Paling tidak, bisa memiliki kontribusi positif dalam pembangunan daerah kita. Makanya KNPI juga mendesak bagi pengambil kebijakan, baik eksekutif maupun legislatif merealisasikan adanya Perda tersebut,” ungkapnya. (cr4)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top