Polisi Gadungan Peras Pengusaha Kafe – KOLAKA POS

KOLAKA POS

HUKUM & KRIMINAL

Polisi Gadungan Peras Pengusaha Kafe

Polisi. Foto: dok jpnn

KOLAKA POS, Jakarta —Aparat Polresta Tangerang Selatan menangkap polisi gadungan bernama Hermansyah (45) di kawasan Bumi Serpong Damai, Serpong, Tangsel. Pria berambut cepak ini dibekuk lantaran memeras sejumlah pengusaha kafe dan karaoke.

Kasat Reskrim Polresta Tangsel AKP A Alexander mengatakan, terungkapnya kasus tersebut berawal dari laporan dari sejumlah pengusaha tempat hiburan yang resah dengan ulah pelaku.

Salah satunya adalah pemilik Kafe Tamana Tekno yang sempat didatangi pelaku pada 3 Januari lalu.

AKP Alexander menjelaskan, ketika itu Hermansyah bertemu pemilik kafe dan menunjukkan lencana polisi palsu.

“Pelaku menuduh korban terlibat suatu kasus penculikan serta mengancam akan menutup bisnis kafe tersebut. Pelaku juga meminta uang tutup mulut agar kasus ini tak dibesarkan senilai Rp 3 juta,” kata Alexander.

Entah karena alasan apa, lanjutnya, korban menuruti keinginan pelaku dan memberi uang sebesar Rp 1,5 juta sebagai uang muka.

Sedangkan sisanya akan diberikan pada keesokan malamnya. Korban yang curiga lantas melaporkan hal itu ke Polres Tangsel.

Laporan ini pun direspons cepat dengan memancing pelaku kembali data ke kafe pada malam yang dijanjikan korban.

”Pelaku dibekuk ketika mengambil sisa uang di kafe korban. Setelah dilakukan pemeriksaan ternyata pelaku bukan anggota Polri,” ujarnya.

Alexsander menuturkan, pelaku sudah berulang kali memanfaatkan identitas palsu lencana Polri untuk mendapatkan pelayanan gratis di sejumlah tempat hiburan.

“Pelaku dikenakan Pasal 378 dan atau Pasal 368 KUHP tentang Penipuan dan atau Pemerasan dengan hukuman maksimal 9 tahun penjara, ”pungkasnya. (cok/dil/jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top