Pemekaran Lima Kecamatan di Konsel Ditarget Tuntas Tahun Ini | KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Pemekaran Lima Kecamatan di Konsel Ditarget Tuntas Tahun Ini

KOLAKA POS, Andoolo — Pemekaran lima kecamatan baru di Konsel, sudah masuk dalam program Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Konsel melalui Badan Legislasi Daerah (Balegda). Dimana saat ini sementara dalam proses pembahasan.
Ketua Balegda DPRD Konsel Syamsu mengungkapkan, tahun ini pihaknya sementara mengajukan kajian akademiknya. Pasalnya, salah satu tahapan pemekaran kecamatan baru yakni harus ada kajian akademiknya.
“Selain itu kecamatan yang akan mekar akan dikaji terlebih dahulu, begitu juga dengan induknya. Jangan sampai karena sudah mekar kemudian induknya tidak memenuhi syarat lagi, sehingga untuk calon pemekaran baru yang akan pisah dari induknya wajib keduanya memiliki kajian akademik,” jelasnya.
Setelah itu lanjut dia, kajian akademik sudah tuntas maka akan dilakukan pembahasan lanjutan. Dimana nantinya pihak Pemda akan dilibatkan didalamnya.
“Jika tahapan itu sudah selesai, selanjutnya akan kita ajukan ke Provinsi untuk dilakukan evaluasi. Jika masih ada ditemukan kekurangan, maka kami wajib memperbaikinya, jika provinsi sudah nyatakan ok (baik, red), selanjutnya masuk kepusat lagi untuk dievaluasi,” terangnya.
Lebih lanjut dikatakannya, jika semua proses telah selesai maka DPRD Konsel tinggal paripurna penetapan saja.
“Kami target 2017 ini, lima kecamatan baru akan kita tetapkan. Harapan kita dengan pemekaran ini menjadi salah satu strategi percepatan pembangunan di daerah kecamatan,” tegasnya.
Lima kecamatan yang dimaksud, yakni Roraya pecahan dari kecamatan Tinanggea, Palangga Timur pecahan Palangga, Laeya Selatan pecahan Laeya, Moramo Timur pecahan Moramo dan Laonti Barat pecahan Laonti. (k5)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Click to comment

The Latest

To Top