Tegakan Perda Hewan Ternak, Sat Pol Konsel Amankan 4 Sapi – Hacked by TryDee

Hacked by TryDee

Jazirah Sultra

Tegakan Perda Hewan Ternak, Sat Pol Konsel Amankan 4 Sapi

Kasat PoL PP Konsel Munawar.FOTO:Saprudin/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Andoolo–Tegakan Peraturan Daerah (Perda) tentang ketertiban hewan ternak, Badan Satuan Pol-PP Kabupaten Konsel, amankan sejumlah sapi yang sering berkeliaran bebas dikawasan tertib ibu kota. Kepala Sat Pol-PP Munawar menjelaskan, sejumlah sapi yang telah diamankan merupakan sapi milik warga Kelurahan Potoro.
“Pemiliknya sudah pernah datang untuk mengambil sapi tersebut dikantor, tapi anggota Sat Pol tidak memperbolehkan,” jelasnya. Pasalnya, lanjut dia untuk mengambil hewan ternak yang telah diamankan pada saat berkeliaran. Harus memenuhi beberapa persyaratan. “Diantaranya yakni harus mematuhi aturan daerah tentang penertiban hewan ternak, sejauh ini sapi yang brhasil diamankan dikantor sudah berjumlah 4 ekor,” ungkapnya.
Ia menambahkan sejauh ini, baru langkah uji coba saja. Selanjutnya berdasarkan Perda yang ada, 10 hari sejak sapi tersebut diamankan kemudian pemiliknya tidak juga komplain atau mengaku kalau hewan yang diamankan Sat Pol adalah miliknya. “Maka sapi tersebut akan dilelang, sesuai Perda sapi yang dilelang dinilai seharga Rl 2,5 juta per ekor. Jadi misalkan dijual seharga Rp 5 juta, maka setengah harga diserahkan kepada pemiliknya,” paparnya.
Munawar menghimbau kepada masyarakat, penangkapan empat ekor hewan ternak tersebut untuk memberikan contoh kepada masyarakat yang lain, agar hewan peliharaannya jangan dilepas begitu saja. “kita harapkan ini menjadi perhatian masyarakat. Kami juga sudah melakukan koordinasi dengan pihak Polsek dan Lurah, supaya kita tidak dianggap mencuri sapi, jadi jika ada yang merasa kehilangan sapi silahkan kekantor Sat Pol,” tutupnya(k5/b/hen).

Click to comment

The Latest

To Top