Polda Sultra Miliki Anjing Pelacak Spesialis Cari Korban Bencana – Hacked by TryDee

Hacked by TryDee

KOTA KENDARI

Polda Sultra Miliki Anjing Pelacak Spesialis Cari Korban Bencana

KOLAKAPOS, Kendari–Tim Search And Rescue (SAR) Kepolisian Daerah Sultra diperkuat anjing pelacak dari Eropa yang terlatih dalam melakukan pertolongan korban bencana alam.

“Anjing pelacak spesialis pencarian korban bencana alam yang dimiliki Polda Sultra diimpor dari sejumlah negara Eropa,” kata Kabid Humas Polda Sultra AKBP Sunarto di Kendari, Selasa.

Anjing pelacak korban bencana diberi nama Bripda Edo baru berusia 32 bulan.
Selain anjing pelacak korban bencana Polda Sultra juga memiliki sarana pendukung untuk melakukan pertolongan, antara lain, rescue car, lampu darurat, perahu karet, gergaji rantai, pelampung, kapal dan anjing SAR.

“Kalau terjadi bencana alam seperti banjir, tanah longsor, gempa bumi, angin puting beliung dan kecelakaan laut maka kepolisian siap melakukan pertolongan,” kata Sunarto.

Fenomena bencana alam yang sering melanda Tanah Air mendorong Polri mempersiapkan personil handal dan peralatan memadai yang dipasok ke jajaran Polda.

Satuan elit kepolisian Brigade Mobil memiliki satu kompi personil yang siap dikerahkan untuk melakukan pertolongan dan penyelamatan di daerah bencana.

“Personil yang memiliki keterampilan khsusus untuk melakukan pertolongan berkekuatan satu pleton. Mereka sudah melalui latihan khusus dan siap diterjunkan di berbagai medan terjadinya bencana,” ujarnya. (p2/c/hen)

Click to comment

The Latest

To Top