Percepat Pembagunan di Konsel, RPJMD Disinkronkan dengan RPJMDes – Hacked by TryDee

Hacked by TryDee

Jazirah Sultra

Percepat Pembagunan di Konsel, RPJMD Disinkronkan dengan RPJMDes

Kegiatan sinkronisasi dan integrasi RPJMD dan RPJMDes dipimpin oleh Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga bersama seluruh desa di Aula BPMD Konsel.FOTO:Saprudin/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Andoolo–Pemkab Konsel melakukan upaya sinkronisasi dan integrasi RPJMD 2016-2021 ke RPJMDes. Dalam rangka mewujudkan percepatan pembangunan kawasan perdesaan, serta penguatan lembaga pemberdayaan masyarakat (LPM) di Konsel.

Bupati Konsel, Surunuddin Dangga menjelaskan, sinkronisasi RPJMD kabupaten dan RPJMDes perlu dilakukan, supaya pembangunan dengan sasaran desa maju konsel hebat bisa terealisasi, serta seluruh stakeholder perlu dilibatkan agar target pembangunan cepat tercapai.
“Untuk itu kita perlu sinergikan dana desa (DD) dan CSR, kalau itu dapat terwujud saya yakin arah pembangunan akan cepat terealisasi dengan cepat. Namun itu semua memiliki tahapan program baik itu potensi ekonomi, rumah kumuh dalam rangka mengurangi kesenjangan. Tetapi terpenting mendorong ekonomi dapat berkembang,” terangnya.
Kalau mengharap APBD Konsel, lanjut dia, program rumah kumuh hanya bisa dibangun sebanyak 3.000 unit, namun jika disinergikan dengan DD dan CSR. Maka hasilnya bisa mencapai dua kali lipat pembangunan rumah kumuh.
“Untuk itu dengan sinergitas ini, tentu akan mempercepat pembangunan di Konsel. Selain itu, kita harapkan program pemerintah daerah juga bersinergi dengan provinsi,” harap Surunuddin.
Sementara itu, Kepala BPMD Konsel, Syaifullah mengatakan, sinkronisasi tersebut bertujuan agar perencanaan program pemerintah tidak berjalan sendiri.
“Perencanaan partisipatif dari masyarakat terkontrol dengan regulasi Permendes 22 tahun 2016, tentang skala prioritas penggunaan dana desa tahun 2017. Karena RPJMD kabupaten sudah sinkron dengan RPJMD nasional. Maka RPJMDes harus sinkron dengan RPJMD kabupaten,” paparnya.
Dengan adanya sinkronisasi tersebut, maka DD dapat digunakan membangun rumah tidak layak huni yang telah diprogramkan oleh RPJMD kabupaten. Begitu juga dana APBD bisa digunakan dalam pembangunan infrastruktur di pedesaan,” ujarnya.
Kegiatan yang dilaksanakan di aula BPMD Konsel tersebut, dihadiri oleh Wakil Bupati Konsel Arsalim Arifin, kepala SKPD Konsel, Camat, kepala seksi pemerintahan kecamatan, LPM, serta 336 kepala desa dan pendamping desa se-kabupaten Konsel. (k5)

Click to comment

The Latest

To Top