Kadis Pendidikan Muna Janji Pekan Depan Dana TK PAUD Cair – Hacked by TryDee

Hacked by TryDee

Jazirah Sultra

Kadis Pendidikan Muna Janji Pekan Depan Dana TK PAUD Cair

KOLAKAPOS, Raha–Kepala Dinas Pendidikan Muna Laode Ndibale berjanji pekan depan dana hibah operasional Taman Kanak-Kanak dan Pendididikan Anak Usia Dini (TK PAUD) se kabupaten Muna sebesar Rp2,4 miliar dapat cair. Pasalnya, mengendapnya dana operasional TK Paud yang bersumber dari APBN tahun anggaran 2016 di kantung Dinas Pendapatan, Pengelolaan dan Aset Daerah (DPPKAD) Muna ini, lantaran Laode Ndibale menganggap laporan hasil verifikasi yang dilakukan oleh tim manajemen verifikasi menggunakan SK Bupati Muna LM Rusman Emba yang dilakukan oleh Kepala Bidang Dikluseporabud Dinas Pendidikan Muna La Ode Fadikin, bersama anggota tim manajemen verifikasi Saiddin belum sepenuhnya rampung. Sebab, laporan tim manajemen verifikasi itu hanya mencantumkan 173 lembaga paud, sedangkan menurut Laode Ndibale lembaga TK Paud di Kabupaten Muna yang aktif sebanyak 196 lembaga. ” Sisa 23 ini harus verifikasi semua,” ujar Laode Ndibale pada Kolaka Pos saat di jumpai di ruang kerjanya Selasa (20/12) siang.

Menurutnya, rekomendasi pencairan dana operasional TK Paud bisa Ia keluarkan, apabila tim Verifikasi dapat memasukkan 23 lembaga yang belum masuk kedalam laporan verifikasi mereka. “Kalau sudah selesai itu, saya buatkan surat rekomendasi. Insya Allah mungkin Minggu depan ini sudah bisa keluar itu dana,” ucapnya

Lebih jauh Laode Ndibale mengatakan, guna memperlancar pengurusan pencairan dana tersebut, saat ini Selasa (20/12) dirinya sudah mengarahkan salah seorang tim manajemen verifikasi Saiddin untuk bertemu Sekda Muna Nurdin Pamone guna merundingkan perubahan SK Bupati agar 173 lembaga TK Paud yang tercantum dalam SK tersebut dapat dirubah. “Saya sudah perintahkan sama pak Saiddin, tolong dikomunikasikan dengan pak Sekda. Jadi hari ini pak Saiddin ke Kantor daerah untuk ketemu pak Sekda,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Dikluseporabud Dinas Pendidikan Muna La Ode Fadikin mengatakan, pihaknya sudah melakukan verifikasi lapangan, 173 lembaga yang masuk dalam daftar SK Bupati Muna tersebut, merupakan lembaga TK Paud yang sudah memberikan dokumen kepada mereka saat melakukan verifikasi pada 15 September hingga 22 September silam. “Verifikasi kami sudah selesai, mereka yang tidak masuk dalam daftar yang di SK kan oleh Bupati, karena mereka tidak memasukan dokumen lembaga mereka saat kami minta saat itu,” terang La Ode Fadikin.

Untuk diketahui, mengendapnya dana operasional TK Paud di kantong DPPKAD Muna ini, kata Kepala DPPKAD Muna Ratna Ningsih lantaran terdapat dua versi pelaporan verifikasi yang masuk ke mejanya, yakni yang pertama, versi pelaporan Kepala Dinas Pendidikan Muna Laode Ndibale menyebutkan ada 196 lembaga TK Paud aktif, sedangkan yang kedua, versi Kepala Bidang Dikluseporabud Dinas Pendidikan Muna La Ode Fadikin menyebutkan hanya 173 lembaga TK Paud dalam laporannya. Untuk itu, kata Ratna Ningsih, dirinya sangat berhati-hati dalam melakukan pencairan dana tersebut. Bahkan kata dia, jika persoalan tersebut tidak segera di selesaikan hingga akhir Desember, maka dana TK Paud ini dipastikan akan hangus. (m1/b/hen))

Click to comment

The Latest

To Top