BI Sultra Buka Kas Titipan di Kolaka – Hacked by TryDee

Hacked by TryDee

Metro Kolaka

BI Sultra Buka Kas Titipan di Kolaka

KOLAKAPOS, Kolaka–Bank Indonesia (BI) perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra), secara resmi membuka kas titipan di Kolaka, yang dikelola oleh BRI cabang Kolaka, atas nama Badan Permusyawaratan Perbankan Daerah Kolaka, sebagai bentuk komitmen BI selaku otoritas di bidang sistem pembayaran dan pengelolaan uangan rupiah, di pelataran kantor BRI cabang Kolaka, Senin (19/12).

Kepala BI Sultra Dian Nugraha mengatakan, peresmian kas titipan BI di Kolaka merupakan yang ke 26 sepanjang tahun ini, yang secara keseluruhan jumlah kas titipan BI tersebar di seluruh wilayah Indonesia bertambah menjadi 61 lokasi. “Sementara untuk di Sulawesi Tenggara merupakan yang kedua, setelah pada tahun 2013 kas titipan BI beroperasi di Bau-bau,” ungkapnya.
Keberadaan kas titipan kata dia, akan membantu perbankan yang ada di wilayah tersebut dalam memenuhi kebutuhan uang tunai, bagi perbankan, yang digunakan untuk melayani nasabahnya. “Sejalan dengan Undang-undang mata uang, perbankan juga wajib melayani penukaran uang dari masyarakat (tidak hanya nasabah bank), sehingga kas titipan BI di Kolaka akan membantu perbankan, dalam hal memberikan layanan penukaran uang kepada masyarakat di Kolaka dan sekitarnya,” ujarnya.
Dengan semakin dekatnya akses perbankan dalam memperoleh uang yang layak edar, diharapkan kualitas dan ketersediaan uang di wilayah tersebut akan semakin meningkat. “Selain melalui pembukaan kas titipan, kantor perwakilan BI Sultra juga melakukan layanan kas keliling untuk menjangkau seluruh wilayah Sultra, sebagai komitmen BI untuk terus meningkatkan kualitas dan ketersediaan uang rupiah, baik secara langsung maupun melalui perbankan. Serta memberikan edukasi kepad masyarakat mengenai ciri keaslian uang rupiah,” tandasnya.
Sementara itu, kepala BRI cabang Kolaka, Sumarno mengatakan, dengan adanya kas titipan BI di Kolaka sangat menguntungkan bagi dunia perbankan yang ada di Kolaka, karena akan terjadi efisiensi biaya dan waktu, serta resiko yang ditimbulkan semakin berkurang, ketimbang harus mengambil uang tunai di kantor BI perwakilan Sultra di Kendari, ketika perbankan di Kolaka dan sekitarnya kekurangan uang tunai untuk melakukan transaksi terhadap nasabahnya. “Semoga pengoperasian kas titipan BI di Kolaka, bisa berjalan dengan baik,” tandasnya. (cr1)

Click to comment

The Latest

To Top