Arsalim: Melalui Desa Maju Konsel Hebat, Tidak Ada Lagi Desa Tertinggal – Hacked by TryDee

Hacked by TryDee

Jazirah Sultra

Arsalim: Melalui Desa Maju Konsel Hebat, Tidak Ada Lagi Desa Tertinggal

KOLAKAPOS, Andoolo–Implementasi visi misi Pemkab Konsel yakni “Desa Maju Konsel Hebat” selama lima tahun mendatang, nampaknya betul-betul dirasakan oleh masyarakat Konsel, mulai dari program bedah rumah, infrastruktur jalan hingga listrik untuk kecamatan dan desa terpencil.

Salah satunya yang merasakan program tersebut, yakni 17 desa yang ada di kecamatan Laonti, kabupaten Konsel. Bagaimana tidak, wilayah tersebut dikelilingi dengan laut, akses untuk kesana harus menggunakan jalur laut.
Salah satu warga Laonti Udin mengungkapkan, dengan fasilitas listrik tenaga surya yang ada, masyarakat sangat senang. Pasalnya, meski terpencil namun dengan adanya listrik dan rabat beton, masyarakat tidak merasa terisolir lagi atau tertinggal dari kecamatan lainnya.
“Dengan adanya visi misi tersebut, kami dapat merasakan manfaatnya listrik dan rabat beton. Dengan begitu kami tidak beda dengan kecamatan lain yang sudah lebih dulu merasakannya,” ungkapnya.
Wakil Bupati Konsel Arsalim menjelaskan, kemajuan di kecamatan Laonti berdasarkan perencenaan yang lalu, dimana di wilayah itu menjadi sasaran program pemerintah Konsel.
“Laonti memiliki potensi dan sumber daya yang bagus, sehingga disana harus kita buka akses karena kalau itu tidak dilakukan, kemajuan disana akan susah untuk dicapai,” jelasnya.
Untuk tahap awal lanjut dia, Pemkab Konsel programkan untuk membuka jalan darat. Karena selama ini di wilayah Laonti tidak ada jalan darat, sebelumnya sudah pernah diusahakan namun karena wilayah masuk kawasan hutan lindung, maka sangat susah sehingga dibatalkan.
“Saat ini sudah akan kita buka, dengan kerja sama dengan pihak TNI, dimana akan dibuat jalan sepanjang 20 kilometer. Kedepan akan kita anggarkan lagi mulai dari desa Amolengu ke Batu Jaya, sehingga 2018 nanti jalur darat sudah bisa digunakan. Untuk jalan perintisnya sudah ada,” terangnya.
Ia menambahkan dalam rangka desa maju Konsel hebat, pemerintah juga programkan listrik. Untuk Laonti disana menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).
“Untuk itu kita harapkan dengan adanya infrastruktur jalan tersebut, semua desa bisa dialiri listrik, dalam waktu dekat juga kita akan kesana memastikan semua infrastruktur yang ada,” katanya. (k5)

Click to comment

The Latest

To Top