127 Korban Banjir di Tontonunu Terima Bântun – Hacked by TryDee

Hacked by TryDee

Jazirah Sultra

127 Korban Banjir di Tontonunu Terima Bântun

Penyerahan bantuan korban banjir oleh Pj Bupati Bombana Hj Sitti Saleha SE.M.Si.FOTO:Haliqfat/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Rumbia–127 Kepala Keluarga korban banjir di desa Tongkoseng, kecamatan Tontonunu, Bombana, menerima bantuan dari Pemkab Bombana, akhir pekan kemarin.
Menurut Pj bupati Bombana Sitti Saleha, bantuan ini merupakan tugas dan tanggung jawab pemerintah sebagai pelayan masyarakat.
“Bantuan Ini pula merupakan bahan prioritas dalam jangka pendek bagi korban bencana banjir. Bantuan tersebut diantaranya matras, tenda, perlengkapan pakaian anak-anak dan lainnya,” bebernya.
Menurut Saleha, saat ini kecamatan Tontonunu merupakan wilayah Bombana yang rawan banjir. Untuk mengantisipasi hal tersebut tidak terjadi lagi, tentu harus dilakukan beberapa upaya, namun untuk mensukseskan program yang dijalankan oleh pemerintah daerah tentu harus didukung oleh masyarakat, salah satunya pembebasan lahan masyarakat untuk pembangunan pemerintah seperti perluasan sepanjang bibir tepi sungai.
Hal ini dilakukan agar kedepannya di daerah ini tak lagi terjadi bencana banjir, yang dapat merugikan masyarakat itu sendiri.
Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bombana, Andi Syarifuddin mengatakan, kejadian tersebut sudah dua kali terjadi dalam setahun di Tontuno.
“Pertama terjadi April dan berikutnya bulan ini. Bencana banjir ini terjadi akibat tahun kemarin keterbatasan anggaran yang dimiliki oleh pemerintah daerah, dan tidak adanya partisipasi masyarakat dalam mendukung program pemerintah terkait pembebasan lahan,” katanya.
Pemerintah sudah menyiapkan anggaran untuk perluasan bibir tepi sungai, sedangkan pemerintah desa sedang melakukan pengurusan pembebesan lahan pada masyarakat.
“Diharapkan masyarakat desa Tontonunu, kecamatan Tontonunu ini dapat bersinergi dengan program pemerintah, agar apa yang diinginkan masyarakat dapat terealisasi,” harap mantan kadis pendidikan pemuda dan olahraga ini. (k6)

Click to comment

The Latest

To Top