Pencairan DD dan ADD Konsel Tuntas – Hacked by TryDee

Hacked by TryDee

Jazirah Sultra

Pencairan DD dan ADD Konsel Tuntas

Syaifullah

KOLAKAPOS, Andoolo–Pencairan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) tahap dua di Konsel sudah rampung 100 persen. Selanjutnya 25 Desember 2016, BPMD Konsel menunggu laporan realisasi DD tahap dua dan LPJ seluruh Desa.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Pemerintahan Desa (BPMD PD) Konsel, Syaifullah menjelaskan, pencairan DD dan ADD tahap dua yang masih 40 persen. Konsel terhitung 25 November 2016 sudah 100 persen.
“Untuk laporan realisasi tahap awal, sudah kita kirim ke pusat. Tanggal 24 Desember kita menunggu lagi laporan realisasi tahap duanya, tanggal 31 Desember kita sudah harus menerima LPJ 100 persen semua desa,” jelasnya.
Penggunaan DD untuk tahap awal dan konsolidasinya lanjut dia, untuk perbidang yang ada di desa. Pihaknya sudah laporkan ke pusat sehingga cair untuk tahap dua, jika hal tersebut tidak dilaporkan maka pencairan tahap dua tidak bisa dicairkan, sehingga itulah yang menghambat beberapa kabupaten lainnya.
“Bidang yang dimaksud yakni bidang penyelenggaraan pemerintahan desa, pembangunan desa, pemberdayaan masyarakat desa dan pemasyarakatan desa. Empat bidang ini harus dilaporkan ke Kementerian Desa dan Kementerian Keuangan, kalau tidak dilaporkan maka tahap dua tidak bisa dicairkan,” terangnya.
Lebih lanjut dikatakannya, untuk tahap pertama LPJ semua desa sudah selesai. Untuk membuktikan LPJ itu sudah tuntas, yakni dengan cairnya DD 100 persen untuk tahap dua.
“Harapan kami selaku leading sector di desa yakni BPMD PD, yang pertama perencanaan DD dan ADD itu betul-betul berdasarkan partisipatif dari masyarakat, kedua pengelolaan keuangannya itu harus mengikuti aturan dan benar-benar berlandaskan kejujuran dalam melaksanakan laporan keuangan,” harapnya.
Ia menambahkan, didalam pelaksanaan pembangunan desa apakah pelaksanaan pembangunan non fisik atau fisik, dilaksanakan dengan sebenarnya sesuai dengan desain, RAB dan mekanisme pelaporan keuangan.
“Pembinaan dan pengawasannya langsung oleh bapak Bupati, BPMD, Camat, Kasi PMD dan pendamping. Kalau ini bersatu dalam bekerja saya kira harapan kita kedepan, Konsel akan lebih maju dengan adannya DD,” tutupnya. (k5)

Click to comment

The Latest

To Top