Puting Beliung Rusak Rutan Unaaha – Hacked by TryDee

Hacked by TryDee

Jazirah Sultra

Puting Beliung Rusak Rutan Unaaha

Bangunan Masjid di Rutan Unaaha yang mengalami kerusakan usai diterpa puting beliung.FOTO:Husman/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Unaaha–Rumah tahanan (Rutan) Unaaha yang menampung 262 penghuni, mendadak heboh Senin (12 /12) lalu. Kehebohan yang terjadi di dalam Rutan tersebut, diakibatkan munculnya putaran awan hitam tebal tepat di atas Rutan. Kepanikan memuncak saat satu persatu atap bangunan permanen diterbangkan puting beliung, yang memaksa penghuni harus mengungsi ke tempat lebih aman saat tanda peringatan dari dalam Rutan dibunyikan.

Kepala Rutan kelas IIB Unaaha Abd. Samad menyampaikan, puting beliung yang menghantam Rutan Unaaha sekitar pukul 15:00 Wita lalu, menyebabkan beberapa bangunan permanen rusak parah dan saat kejadian tersebut kepanikan sempat terjadi di dalam Rutan hingga petugas memberikan tanda peringatan kepada para penghuni Rutan, untuk berlindung di tempat aman.
“Sempat ada kepanikan saat terjadi puting beliung, sampai petugas kami memberikan tanda peringatan dan menyuruh penghuni untuk masuk ke dalam blok,” katanya.
Samad melanjutkan, kejadian yang menimpa Rutan ini mengakibatkan beberapa bangunan tidak dapat difungsikan karena kerusakanya cukup parah. Puting beliung dengan kekuatan dahsyat tersebut lanjut Samad, menghancurkan empat bangunan permanen dan merobohkan satu pemancar jaringan internet.
“Bangunan dengan rusak permanen yakni Masjid, aula, dapur, pemancar jaringan wifi, blok hunian dan kantor, jika diakumulasikan total kerugian mencapai Rp200 juta,” bebernya.
Meski beberapa bagian ruangan sudah tidak bisa difungsikan, namun aktifitas di Rutan Unaaha tidak mempengaruhi jalanya kegiatan. Untuk saat ini kerusakan yang terjadi akibat musibah itu sudah disampaikan ke kantor wilayah Sutra dan sudah dikunjungi, maka dalam waktu dekat bantuan akan diberikan ke Rutan guna perbaikan bangunan.
“Sudah dikunjungi dari Menkumham wilayah dan akan memberikan bantuan untuk perbaikan secepatnya. Kejadian ini baru pertama kali terjadi di Rutan kelas IIB Unaaha,” tandasnya. (m4)

Click to comment

The Latest

To Top