Target Retribusi Sampah Rp405 Juta, Terealisasi Rp22 Juta – Hacked by TryDee

Hacked by TryDee

Jazirah Sultra

Target Retribusi Sampah Rp405 Juta, Terealisasi Rp22 Juta

Gerbang Mas Sayangkan Kinerja BLH-PP Bombana

KOLAKAPOS, Rumbia–Pencapaian target Pendapatan Asli Daerah (PAD), dari penarikan retribusi sampah Badan Lingkungan Hidup dan Pemakaman Pertamanan (BLH-PP) Bombana, tahun ini bisa dipastikan tidak mencapai target.
Kepala BLH-PP Bombana Sitti Sapiah, mengaku kesulitan pencapaian target tersebut akibat pembagian tugas yang dianggap tidak sesuai.
“BLH yang ditarget untuk mencapai PAD dari retribusi sampah, namun yang memungut retribusi bukan BLH, tapi pihak kecamatan,” bebernya saat ditemui kemarin (9/12).
Tak tanggung-tanggung, PAD yang harus dicapai BLH-PP tahun ini dari retribusi sampah mencapai Rp405 juta, namun faktanya yang berhasil dikumpulkan hanya Rp22 juta.
“Hasil Rp22 juta ini retribusi sampah dari dua kecamatan di wilayah Bombana. Pungutan retribusi sampah yang ada di kabupaten Bombana itu terdapat empat titik, yaitu Poleang, Poleang Timur, Rumbia dan Rumbia Tengah. Target retrebusi sampah kecamatan Rumbia sebesar Rp200 juta, realisasi capaian tidak mencukupi Rp10 juta. Untuk Rumbia Tengah target Rp120 juta pencapaian hanya Rp10 juta lebih. Untuk kecamatan Poleang, target Rp50 juta selama tahun 2016 realisasi tidak ada, begitu pula dengan Poleang Timur target Rp30 juta namun realisasinya nihil,” jelasnya.
Sitti Sapiah mengungkapkan, tahun depan semua akan diambil alih kembali oleh BLH-PP, agar tidak simpang siur.
Sementara itu, ketua Gerakan Membangun Masyarakat (Gerbang Mas) Fadli Lasama, sangat meyayangkan kinerja pemerintah baik itu kecamatan maupun BLH-PP Bombana.
Banyaknya sarana prasarana yang ada bersumber dari uang negara dalam hal ini APBD, tidak bersinergi dengan hasil yang didapat. “Parah, APBD untuk pengadaan sarana prasarana persampahan begitu besar, namun retribusi yang dihasilkan jauh dari harapan. Tentunya ini harus menjadi catatan penting bagi pemerintah daerah kedepannya, agar terget yang ingin dicapai dapat terealisasi,” tegasnya. (k6)

Click to comment

The Latest

To Top