Kasus HIV di Makassar Diklaim Menurun – Hacked by TryDee

Hacked by TryDee

SULSELBAR

Kasus HIV di Makassar Diklaim Menurun

ilustrasi

KOLAKAPOS, Makassar–Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Makassar menggelar kampanye pencegahan penularan HIV/AIDS di Lapangan Karebosi, Jl Ahmad Yani, Rabu (7/12) lalu. Kegiatan ini juga dihadiri Wakil Walikota Makassar, Syamsu Rizal yang juga Ketua Pelaksana Harian KPA Kota Makassar.

Dalam sambutannya, Deng Ical, sapaan wakil walikota menyebut tingkat pertumbuhan peredaran HIV/AIDS di Kota Makassar mengalami penurunan.
Hal tersebut berdasarkan data yang diterima Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Makassar, yang mencatat pada tahun 2015 ditemukan sebanyak 665 kasus sedangkan tahun berjalan 2016 tercatat 364 kasus HIV baru.
“Program kita bagaimana mengurangi lingkungan peredarannya,” ujar Deng Ical.
Menurut Deng Ical, Pemkot Makassar berkomitmen melakukan penanggulangan HIV/AIDS secara continue, berkesinambungan dan komprehensif.
“Penekanan ini dibuktikan ada ODHA yang sudah melahirkan istrinya, tapi anaknya dinyatakan negatif sementara istrinya yang lama baru mau diperiksa dan juga terbukti negatif,” jelasnya.
Sekretaris KPA Kota Makassar, Mawardi, menyebut aksi tersebut sebagai upaya menekan stigma negatif dari masyarakat terhadap Orang Dengan HIV/AIDS atau ODHA di Kota Makassar.
“Bagaimana menekan stigma dan diskriminasi masyarakat kepada para ODHA,” ujarnya singkat.
Kadis Kesehatan Kota Makassar Naisyah Tun Azikin mengungkapkan, kasus HIV/AIDS di Kota Makassar fenomenanya bak gunung es. Puncaknya saja yang terlihat, padahal yang tidak terlihat jauh lebih banyak lagi.
Naisyah menjelaskan, semakin banyak kasus HIV/AIDS ditemukan akan semakin baik. Karena, program yang dilakukan berbagai pihak telah berhasil. Namun, angka temuan kasus yang tercatat saat ini masih jauh dari angka estimasi Depkes RI. “Dengan kata lain, masih banyak sekali kasus yang belum terungkap,” katanya. (fajar)

Click to comment

The Latest

To Top