Pemkab Konsel Target 5.000 Bedah Rumah – Hacked by TryDee

Hacked by TryDee

Jazirah Sultra

Pemkab Konsel Target 5.000 Bedah Rumah

KOLAKAPOS, Andoolo–Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), terus berupaya menekan tingkat kemisikinan utamanya pemukiman masyarakat yang masih kumuh. Melalui program Strategi Pembangunan Desa Terpadu (SPDT) bedah rumah, dengan menyiapkan rumah sehat untuk masyarakat miskin.

Bupati Konsel Surunuddin Dangga mengungkapkan, masyarakat Konsel kurang lebih 13 persen kategori tidak mampu. Diantarannya persoalan rumah kumuh dan masalah kesenjangan sosial tersebut merupakan masalah utama.
“Sesuai komitmen kami pada saat berkampanye, dan sudah disampaikan pada RPJMD 2016-2021 target bedah rumah ini, sesuai catatan kami kurang lebih 13 ribu rumah. Namun disesuaikan dengan APBD Konsel kemungkinan target 5.000 rumah,” jelasnya.
Untuk itu lanjut dia, dibutuhkan sinergitas dari APBN, CSR dari perusahaan yang berinvestasi di Konsel. Kemudian Dana Desa (DD) juga pihaknya dorong untuk pembangunan.
“Target 5.000 rumah sehat tersebut, sesuai RPJMD Konsel dikerjakan selama lima tahun. Disesuaikan dengan kemampuan anggaran daerah,” terangnya.
Ia menambahkan, jika 5.000 rumah tersebut telah selesai dikerjakan tentu presentase 13 persen angka kemiskinan akan turun.
“Insha Allah dengan target 5.000 rumah tersebut, dimungkinkan angka 13 persen akan turun hingga 8 sampai 7 persen, jadi kita akan turunkan secara signifikan angka kemiskinan tersebut,” harapnya.
Selain program bedah rumah, untuk menurunkan angka kemiskinan tersebut Pemda Konsel juga mendorong potensi-potensi ekonomi pedesaan.
“Untuk itulah saya berupaya mencanangkan Konsel sebagai pusat bibit sapi, karena dengan cara inilah yang termudah untuk memberikan masyarakat yang masih kurang mampu. Nantinya akan kita berikan sapi secara gratis, sebagai modal masyarakat untuk merubah ekonominya,” tutupnya. (k5)

Click to comment

The Latest

To Top