Ratusan Pejabat Eselon III dan IV di Bombana Bakal Uji Kompetensi – Hacked by TryDee

Hacked by TryDee

Jazirah Sultra

Ratusan Pejabat Eselon III dan IV di Bombana Bakal Uji Kompetensi

Kepala BKD Bombana, Rusman.

KOLAKAPOS, Rumbia–Menciptakan profesionalitas PNS menjadi salah satu pertimbangan penting dalam rangkaian proses evaluasi dan penempatan PNS pada suatu jabatan, sehingga dapat pula menampilkan kemampuan melayani masyarakat dengan cepat dan berkualitas.
Penempatan atau pengangkatan jabatan PNS harus sesuai dengan kompetensi jabatan yang diisyaratkan, sebagai mana yang diatur dalam UU berdasarkan pada prinsip profesionalisme sesuai dengan kompetensi, prestasi kerja dan jenjang pangkat. Akan tetapi, untuk mewujudkan hal tersebut, perlu ditunjang dengan suatu kegiatan seperti uji kompetensi.
Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Bombana, Rusman menjelaskan, selain menciptakan profesionalisme bagi PNS, uji kompetensi ini untuk mengisi jabatan yang masih kosong, yang terdapat pada Organisasi Perangkat Baru (OPD) pasca penetapan nomenklatur yang ditetapkan DPRD beberapa waktu lalu.
Selain itu kata Rusman, peserta yang mengikuti uji kompetensi ini sebanyak 226 orang, yang terdiri dari eselon III dan IV. Pelaksanaannya ditarget bulan ini.
“Selain persiapan panitia kami juga sedang menunggu waktu yang tepat buat pimpinan, untuk membuka kegiatan tersebut (uji kompetensi, red),” tutur Rusman di ruang kerjanya, Selasa (6/12).
Nantinya mereka akan menjalani tes tertulis dan wawancara. “Uji kompetensi ini untuk mengetahui sejauh mana tingkat kemampuan dan karakter yang dimiliki oleh seorang PNS, berupa pengetahuan dalam pelaksanaan tugas jabatan, sehingga PNS dapat bertanggung jawab terhadap tugas jabatannya secara profesional. Mengenai PNS eselon III dan IV yang sudah mengikuti uji kompetensi beberapa bulan lalu dan dinyatakan lulus, tidak perlu tes lagi, mereka akan mengisi jabatan kosong bersamaan PNS yang dinyatakan lulus saat mengikuti uji kompetensi yang direncanakan bulan ini,” jelasnya.
Tidak hanya uji kompetensi bagi esalon III dan IV lanjutnya, Pemkab Bombana juga akan segera melakukan job fit bagi esalon II, yang pelaksanaannya usai konsultasi di Kementerian dan provinsi. Untuk job fit ini pihak penguji berasal dari akademis dan pemerintah provinsi.
“Untuk itu siapapun PNS yang hendak menduduki jabatan, harus siap untuk menjawab semua pertanyaan yang diberikan baik secara tertulis maupun lisan. Sebab, uji kompetensi ini sifatnya murni, tidak ada campur tangan pihak lain,” katanya. (k6)

Click to comment

The Latest

To Top