KPU Tetapkan 93.026 DPT Kolut – Hacked by TryDee

Hacked by TryDee

Kolaka Utara

KPU Tetapkan 93.026 DPT Kolut

Penetapan daftar pemilih tetap di Pilkada Kolaka Utara.FOTO:Suleha/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Lasusua–Setelah melalui tahapan yang panjang, akhirnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kolaka Utara (Kolut) menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 93.026 dalam rapat pleno terbuka yang digelar di salah satu hotel di Lasusua Kolaka yang dihadiri TNI,Polri,Panwas,Capil,Kesbang, PPK, dan PolPP dan LO Tiga Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati kemarin (6/12).
Dalam rapat Peleno terbuka yang ditetapkan Oleh Ketua KPU Kolaka Utara yang disaksikan oleh Kwarda KPU Sultra Andi Sahibuddin yang DPT terbanyak di Ibu Kota Kabupaten Yakni Lasusua sebanyak 17.018, kemudian Ngapa sebanyak 14.381 dan paling sedikit Kecamatan Tolala 2.254.
“Dengan ini saya tetapkan jumlah DPT Kolaka Utara pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2017 Dengan Jumlah TPS 340, Jumlah Desa 133 dan Jumlah DPT 93.026,” ujarnya.
Sementara itu Kwarda KPU Sultra Andi Sahibuddin menjelaskan, bahwa 6 Desember adalah hari terakhir pemuktahiran data dan KPU menetapkan jumlah DPT memakan waktu kurang lebih empat bulan melalui poses pencocokan dan penelitian, kemudian disusun menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS), setelah dimintai tanggapan masyarakat dan dilakukan pencocokan dan ditetapkanlah dalam DPT.
“Dalam aturan yang berhak memberikan hak suaranya adalah masyaraat yang ber E-KTP, namun jika tidak ber KTP namun terdaftar dalam data Base kependudukan bisa membuat Surat Keterangan (Suket) Kependudukan yang dikeluarkan oleh capil,” katanya.
Dia pun menambahkan, adanya sekitar 19.676 Warga Kolaka Utara yang tidak masuk dalam DPS ad sekitar 10.064 warga yang tidak masuk dalam data base kependudukan tersebut harus dilakukan verifikasi faktual apa benar mereka penduduk Kolaka Utara atau bukan. Meski DPT telah ditetapkan namun jika ada masyarakat Kolaka Utara tidak masuk dalam data base kependudukan segara melakukan perekaman.
“Telah selsai perbaikan DPT tingkat TPS, PPK sampai KPU Kabupten yang ditetapkan, dan mudah-mudahan memenuhi harapan semua pihak tidak ada lagi yang kecewa terkait penetapan ini adalah hasil yang sangat luar biasa,” tandasnya.(cr2/b)

Click to comment

The Latest

To Top