Desa Lapoa Menjadi Pilot Project FKUB Konsel – Hacked by TryDee

Hacked by TryDee

Jazirah Sultra

Desa Lapoa Menjadi Pilot Project FKUB Konsel

KOLAKAPOS, Andoolo–Melalui sosialisasi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), bersama tokoh agama dan masyarakat yang dirangkaikan dengan launching pembangunan kawasan sadar Kerekunan Umat Beragama (KUB) tingkat Kabupaten Konsel. Pemerintah setempat berharap KUB Konsel yang ditempatakan di desa Lapoa, kecamatan Tinanggea, senantiasa kondusif dan dinamis.

Bupati Konsel Surunuddin Dangga menjelaskan, sosialisasi FKUB bertujuan untuk meningkatkan toleransi, rasa menghargai antar umat beragama, membawa sinergi antara pemerintah dan masyarakat.
“Dalam pelaksanaannya berdasarkan peraturan Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri nomor 9 dan 8 tahun 2006, tentang pedoman pelaksanaan tugas kepala daerah dan wakil kepala daerah, dalam pemberdayaan FKUB dan pendirian rumah ibadat,” jelasnya.
Pemeliharaan FKUB lanjut dia, menjadi tanggung jawab bersama antara umat beragama, agar umat beragama dapat mengamalkan keyakinannya sesuai dengan kepercayaan masing-masing.
“Saya berkeyakinan apabila semua umat beragama dapat mengamalkan ajarannya, maka akan tercipta kerukunan karena pada dasarnya tidak ada ajaran dari suatu agama mana pun yang menginginkan permusuhan,” terangnya.
Surunuddin menambahkan, dengan adanya kegiatan tersebut para peserta dapat memperoleh pengetahuan tentang KUB. Selanjutnya pihaknya mengingatkan kepada pemuka agama, agar dapat meneruskan apa yang didapatkan melalui sosialisasi tersebut.
Sementara itu, wakil bupati Konsel Arsalim mengungkapkan, dengan ditetapkannya desa Lapoa sebagai lokasi FKUB, diharapakan KUB bisa terjaga dengan baik.
“Terpilihanya Lapoa sebagai Pilot project, dikarenakan desa tersebut memang layak dari sisi rumah ibadat, jumlah penduduk beragama dan karakteristik penduduk yang berbeda-beda namun tetap satu,” ungkapnya.
KUB desa Lapoa lanjuti dia, sudah berlangsung selama 38 tahun dan disana belum ada konflik keagamaan mau pun konflik lainnya. Inilah yang menjadi harapan pemerintah dan masyarakat Konsel (k5).

Click to comment

The Latest

To Top