Pergerakan IHSG Pekan Ini Diprediksi Naik – Hacked by TryDee

Hacked by TryDee

EKOBIS

Pergerakan IHSG Pekan Ini Diprediksi Naik

KOLAKAPOS, Jakarta–Indeks harga saham gabungan diperkirakan akan melanjutkan kinerja positifnya pekan ini.

Head of Research PT Reliance Securities Robertus Yanuar Hardy mengatakan, IHSG ditutup naik cukup signifikan akhir pekan lalu meski ibu kota diwarnai aksi demonstrasi besar-besaran.
Kondisi keamanan nasional yang kondusif serta langkah cepat pemerintah untuk menciptakan stabilitas diharapkan bisa memulihkan kepercayaan investor.
’’Karena itu, kami perkirakan IHSG masih menguat pekan depan (ini) untuk menguji resistance 5.330. Namun, apabila berbalik melemah, support terdekat dapat ditemui pada 5.200,’’ tutur Yanuar.
Pada akhir pekan lalu, pasar saham Indonesia naik ke level 5.245,956 dan mencatatkan kenaikan 2,46 persen sepanjang pekan lalu.
Dari global, pada awal pekan ini investor masih akan menantikan keputusan suku bunga serta pernyataan dari Bank Sentral Eropa (European Central Bank/ECB) pada Kamis (8 Desember).
Pada hari yang sama, juga tengah dirilis data neraca perdagangan Tiongkok.
Indeks saham regional Asia dan Australia akhir pekan kemarin ditutup turun.
Karena, investor memilih menunggu data ketenagakerjaan Amerika Serikat (AS) serta keputusan suku bunga The Fed pekan ini.
Pasar saham AS dan Eropa ditutup flat, cenderung melemah, setelah terjadinya krisis politik di Italia serta data ketenagakerjaan yang membaik di AS.
Perbaikan data ketenagakerjaan di negeri yang baru saja memilih presiden itu menguatkan spekulasi semakin dekatnya langkah The Fed untuk melakukan pengetatan moneter.
Di Wall Street, indeks S&P 500 akhir pekan kemarin ditutup naik tipis 0,04 persen, indeks Nasdaq naik tipis 0,09 persen, dan sebaliknya indeks Dow Jones Industrial turun 0,11 persen.
Sedangkan rata-rata pasar saham Eropa mencatatkan penurunan akhir pekan kemarin.
Analis PT Asjaya Indosurya Securities William Surya Wijaya memperkirakan, IHSG pada awal pekan ini bergerak pada rentang level 5.088–5.291.
’’IHSG telah berhasil menutup akhir pekan dengan manis. Pola gerak semakin terlihat jelas berpotensi menembus resistance level 5.291,’’ ujarnya.
Sebaliknya, level support ada pada posisi 5.088 yang hingga kini dapat dijaga dengan kuat.
’’Rilis data perekonomian lansiran awal bulan masih dalam kondisi terkendali. Hal ini tentunya merupakan salah satu faktor yang menunjukkan bahwa kondisi ekonomi terus bertumbuh dengan baik dan berada dalam tahap wajar,’’ ulasnya. (gen/c4/sof/jos/jpnn)

Click to comment

The Latest

To Top