DKP Ancam Tindak Tegas Pelaku Illegal Fishing – Hacked by TryDee

Hacked by TryDee

SULSELBAR

DKP Ancam Tindak Tegas Pelaku Illegal Fishing

Tingkatkan Intensitas Penyuluhan Nelayan

KOLAKAPOS, Makassar–Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Sulsel terus berupaya menekan aktivitas illegal fishing oleh nelayan di Sulsel.
Salah satu caranya yakni mengancam para pelaku akan diberi sanksi tegas. Ini diungkap langsung Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulsel, Sulkaf S Latief.
Dia menjelaskan, pelaku illegal fishing selma ini selalu menggunakan alat-alat penangkapan yang dilarang, seperti trol, bius dan bom ikan. Selain perlengkapan, illegal fishing juga termasuk bagi yang tidak memenuhi kelengkapan persuratan.
Khusus untuk ilegal fishing dengan menggunakan bom ikan dan bius, pelakunya harus ditindak tegas karena ini membahayakan kelangsungan hidup, ikan dan makhluk hidup lain di laut.
“Kalau pelakunya masih baru inikan bisa dibina, tapi kalau sudah sering melakukan kesalahan harus ditindak tegas,” ungkap Sulkaf.
Ia menyebutkan, dampak illegal fishing dengan menggunakan bom ikan dan bius sangat berbahaya. Bahkan lebih berbahaya dibandingkan penggunaan bahan peledak.
“Kalau bom ikan dampaknya mungkin sebentar, meledak kemudian sudah, tapi bius ini paling berbahaya dampaknya bisa berhari-hari bahkan berbulan-bulan di mana biusnya larut,” terangnya.
Untuk itu, Sulkaf meminta para nelayan menangkap ikan sesuai dengan aturan yang berlaku. Sementara, untuk pelaku illegal fishing yang tidak melengkapi surat-surat karena proses pengurusan lambat, menurut Sulkaf masih bisa ditoleransi. Dengan catatan, dokumen-dokumen aktivitas penangkapan ikan harus segera diurus. Selain ancaman tindak tegas. Untuk menekan angka illegal fishing di Sulsel, DKP Sulsel juga mengaku akan meningatkan penyuluhan kepada nelayan. Sementara, Menteri Kelautan Perikanan, Susi Pudjiastuti, mengatakan, masyarakat Sulsel utamanya nelayan dari Bone, Sinjai, Selayar sudah terkenal pelaut yang handal karena mereka mampu berlayar sampai di Jayapura bahkan Australia. “Saya berpesan kepada nelayan agar tidak melakukan kejam kepada ikan dengan mengebom, bius tidak diperbolehkan jangan mencoreng citra Bugis-Makassar. Mulai hari ini harus menjadi nelayan yang baik,” seru Susi. (fmc)

Click to comment

The Latest

To Top