Dewan Konawe Tetapkan 26 Perda – Hacked by TryDee

Hacked by TryDee

Jazirah Sultra

Dewan Konawe Tetapkan 26 Perda

Penyerahan 26 peraturan daerah Konawe.FOTO:Husman/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Unaaha–Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Konawe bersama asisten II Gamus yang mewakili pemerintah daerah Konawe menyepakati penetapkan 26 rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (Perda). 26 peraturan daerah itu sebelumnya telah diusulkan ke pemerintah provinsi Sulawasi Tenggara sebanyak 31 Raperda, namun setelah diverifikasi hanya 26 yang disetujui.

Dari 26 perda yang diusulkan, 20 diantaranya merupakan Perda inisiatif dewan, sementara 6 Perda lainnya merupakan usulan eksekutif. Perda yang disepakati itu, sempat diwarnai diskomunikasi antara ketua komisi I Ardin dan pemimpin sidang paripurna Rusdianto, dimana ketua komisi I menanyakan tentang Perda pemekaran kecamatan Wawotobi Utara, yang notabene telah diregistrasi namun tidak ditetapkan menjadi Perda tahun ini. Namun, setelah mendapat jawaban dari pimpinan sidang keadaan kembali mencair.
Rusdianto mengatakan, dengan ditetapkannya 26 Perda ini diharapkan semuanya dapat dijalankan dengan penuh kesadaran dan tentunya dapat bermanfaat bagi masyarakat Konawe, karena ada beberapa peraturan yang memang dirancang untuk menyentuh ke masyarakat, seperti perlindungan tenaga kerja indonesia (TKI) asal Konawe yang ada di luar negeri.
“Saya harap 26 Perda yang kita sepakati antara DPRD dan Pemda Konawe ini, dapat menjadi satu produk yang bermanfaat bagi pemerintah dan masyarakat Konawe,” harapnya.
Meski rapat paripurna penetapan rancangan peraturan daerah menjadi peraturan daerah kebanyakan diwakili, namun penetapan Perda ini dapat berjalan lancar dan semua fraksi menyetujui 26 Perda tersebut. (m4)

Click to comment

The Latest

To Top