Walikota Bakal Buka Gardutag SD Se Kota Kendari – Hacked by TryDee

Hacked by TryDee

KOTA KENDARI

Walikota Bakal Buka Gardutag SD Se Kota Kendari

KOLAKAPOS, Kendari–Walikota Kendari Ir. Asrun Insya Allah rencananya akan membuka kegiatan Gardutaq ( gerakan dhuha bertagwa) pada 15 Desember mendatang di Masjid Agung Al-Kautsar Kendari.

Hal ini disampaikan Kurniyawati Usman, S.Ag, kemarin. Menurut Kurniyawati, dasar kegiatan tersebut yakni Undang-Undang RI Nomor 20 tahun 2003 tentang system pendidikan nasional. Peraturan pemerintah RI Nomor 55 tahun 2007 tentang pendidikan agar dan keagamaan. Peraturan Pemerintah Ri nomor 32 tahun 2013 tentang perubahan peraturan pemerintah Nomor 19 2005 tentang standar nasional pendidikan.
Menyinggung tentang identifikasi masalah, Kurniyawati mengatakan, masih banyaknya umat Islam khususnya guru dan peserta didik yang belum terbiasa melaksanakan shalat dhuha dan kurangnya kepedulian terhadap ibadah sunah.
Selain itu, masih kurangnya sarana ibadah yang memadai di masing-masing sekolah dasar serta terbatasnya waktu karena adanya jadwal pembelajaran yang telah ditetapkan oleh sekolah.
Menyinggung ide kreatif pelaksanaan Gardutaq ini guru SD itu mengatakan, ide kegiatan itu dimunculkan oleh kelompok Kerja Guru (KKG) Pendidikan Agama Islam (PAI) SD Se Kota Kendari. “ Para guru SD PAI se Kota Kendari sepakat untuk menyelenggarakan kegiatan Gardutaq (Gerakan Dhuha,” jelasnya.
Menurut Kurniyawati, kegiataan Gardutaq itu berupa lomba pembuatan video pembelajaran dan launching shalat dhuha bagi seluruh sekolah dasar se kota Kendari, bertujuan untuk membangun semangat dan mentalitas belajar bagi peserta didik, memperkaya materi kurikulum pendiddikan agama di sekolah dasar, memberikan ruang pengembangan diri bagi peserta didik yang berorientasi pada pembentukan manusia cerdas spiritual, emosional, social, intelektual, kinestetis dan estetis.
Mernyinggung criteria keberhasilan, yakni terlaksananya shalat dhua oleh peserta didik pada sekolah dasar se Kota Kendari. Juga terlaksananya launching Garduta oleh walikota Kendari dan adanya jadwal shalat dhuha di setiap sekolah yang disesuaikan dengan kondisi masing-masing sekolah.
Ruang lingkup dan waktu pelaksanaan. Kegiataan penting yang akan dilaakukan dalam mewujudkan Gardutaq yakni melaksanakan koorrdinasi dengan dinas pendidikan dan kebudayaan, kementerian agama kota Kendari dan Kepala Sekolah Dasar se Kota Kendari. Melaksanakan lomba pembuatan video pembelajaran (wudhu,shalat dhuha,penjelasan filosofi/manfaat shalat dhuha. (P2/c/hen)

Click to comment

The Latest

To Top