Petani Resahkan Hama Serang Tanaman Padi – Hacked by TryDee

Hacked by TryDee

Jazirah Sultra

Petani Resahkan Hama Serang Tanaman Padi

ilustrasi

KOLAKAPOS, Kolaka–Musim tanam tahun ini petani desa Bende kecamatan Wundulako harus bersabar. Pasalnya, tanaman padi yang dirawatnya selama dua bulan diserang hama tikus. Data yang diperoleh Dinas Pertanian, Peternakan dan Holtikultura ada 10 hektar tanaman padi petani diserang hama tikus di wilayah kecamatan Wundulako.

“Kami sudah menerima informasi dari penyuluh, jika ada sekian 10 hektar tanaman padi petani yang hampir panen diserang hama tikus. Lokasinya itu di desa Bende kecamatan Wundulako,” ujar Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Holtikultura Kolaka, Muh. Azikin.

Azikin mengaku, pihaknya sudah menginstruksikan beberapa staf untuk melakukan pemantauan kepada serangan hama tikus di desa Bende.

“Untuk hama tikus, kami sudah memberikan racun dan atat bom tikus dengan pengasapan pada lubang tikus. Dan alhamdulillah saat ini hama. Tikus terkendali, selain membagikan racun dan bom tikus dinas pertanian juga melakukan gropyokan (berburu tikus secara masal) yang melibatkan kelompok tani, ” ungkapnya.

Untuk anggaran mengadakan pengendalian tikus dengan cara gropyokan dinas pertanian setiap tahun ada adanya jumlahnya kisaran Rp20 juta.

“Dalam tiga tahun dinas pertanian melakukan sekitar 4 sampai 5 kali memburu tikus di lahan pertanian masyarakat,” ujarnya.

Azikin menghimbau kepada petani untuk agar melakuka penanaman serempak untuk mencegah banyaknya populasi tikus di sekitar lahan.

“Cara untuk menekan populasi tikus adala dengan tanam sempak, karena dengan menanam serempak akan mencegah berkembang biaya tikus, tudak ada skat lahan kosong untuk rumah tikus,” paparnya. (hud)

Click to comment

The Latest

To Top