Dapat Rumah dan Jatah Beras–50 KK Warga Transmigrasi – Hacked by TryDee

Hacked by TryDee

Jazirah Sultra

Dapat Rumah dan Jatah Beras–50 KK Warga Transmigrasi

Mereka Ditempatkan di Desa Ranosangia Kecamatan Toari

KOLAKAPOS, Kolaka–Sekitar 50 kepala keluarga baru saat ini telah menempati perumahan transmigrasi Anawua di desa Ranosangia kecamatan Toari. Dari 50 kepala keluarga hanya 25 kepala keluarga yang berasal dari luar kbupaten Kolaka sedangkan yang 25 kepala keluarga merupakan Transmigrasi lokal.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kolaka H. Andi Sastra Pangerang saat menerima masyarajak Transmigrasi di desa Ranosangia, mengatakan sangat terharu melihat masyarakat yang antusias untuk menempati perumahan transmigrasi tersebut.

“Saudara saya yang berasal dari luar Kolaka (Lamongan, Jawa Tengah dan Sumatera), selamat datang di Kolaka di Unit pemukiman Transmigrasi (UPT) Anawua desa Ranosangia. Harapan pemerintah Kolaka dengan datangnya masyarakat yang baru semoga bisa membaur dengan masyrakat lokal Kolaka. Jaga sikap dan hargai adat lokal, kita ini harus hidup rukun agar bisa bekerja dengan aman, “ujarnya.

Ia mengatakan pemerintah kabupaten Kolaka sangat mendukung program trasmigrasi. Olehnya itu masyarakat pendatang yang akan menempati perumahan jangan pernah takut jika pemerintah akan Lepas tangan.

” Kami pemerintah Kolaka melalui kepemimpinan bupati Kolaka H Ahmad Safei dan Wakilnya H. Muh. Jayadin akan memperhatikan masyarakat trasmigrasi, bahkan beberapa waktu lalu bupati Kolaka telah memberikan bantuan alat pengolah tanah untuk membantu pengolahan tanah di kawasan trasmigrasi,”tambahnya.

Sementara itu Kepala bidang Transmigrasi Kolaka Hadi Sukamto kepada Kolaka Pos mengatakan untuk rumah yang telah di tempati oleh masyarakat UPT Transmigrasi telah di lengkapi dengan Ruang tamu, dapur, dua kamar dan satu kamar mandi.

“Masyarajat tinggal masuk saja, bahkan pemerintah telah menanggung hidup dengan memberikan jatah hidup (Jadup), berupa beras dan kebutuhan lainya selama setahun. Kalau masalah air, insyaallah terpenuhi karena kami telah membuatkan sumur gali dengan kwalitas air yang baik. Insyaalah masyarakat penghuni rumah akan merasa senang karena sudah mendapat fasilitas yang cukup dan layak, “katanya.

Semantara itu Camat Toari Sabaruddin juga mengatakan selamat datang di kecamatan Toari, ia juga mengharapkan dengan datangnya warga trans yang baru bisa ikut membangun di Kecamatan Toari, baik itu secara fikiran maupun fisik, kami telah menerima semua masyarakat Tranamigrasi semoga semua masyarakat UPT Anawua desa Ranosangia bisa betah dan bisa enak hidupnya dibandingkan sebelumnya, “tambahnya (hud/hen)

Click to comment

The Latest

To Top