Sejumlah Kantor di Konut Jadi “Kandang” Ternak – Hacked by TryDee

Hacked by TryDee

Jazirah Sultra

Sejumlah Kantor di Konut Jadi “Kandang” Ternak

Sapi dan kambing saat berada di halaman kantor Bappeda Konut dengan bebas memakan tanaman dan membuang kotorannya. foto Andi Jumawi/kolaka pos

KOLAKA POS, WANGGUDU — Tidak adanya penertiban ternak sapi dan kambing di wilayah otoritas Ruksamin-Raup, membuat ternak dengan bebas berkeliaran. Imbasnya, sejumlah kantor pemerintahan di Konut seakan menjadi “kandang” kambing. Bagaimana tidak, minimnya pembangunan pagar sejumlah kantor SKPD di Konut, sehingga ternak dengan bebas masuk hingga membuang kotorannya di halaman kantor.
“Kami disini sudah jenu menanam bunga maupun penghijauan, karena banyaknya ternak yang berkeliaran dan memakan tanaman, sehingga tidak bisa tumbuh tanamannya,” ujar salah seorang pegawai yang enggan namanya dikorankan.
Parahnya lagi, kemarin (2/12) di halaman kantor Bappeda Konut nampak sekelompok sapi dan kambing, asyik merumput dan memakan tanaman penghijauan dan bunga di halaman kantor tersebut. Padahal saat itu masih jam kantor, akan tetapi tak satupun pegawai yang mau keluar mengusir ternak tersebut, agar tidak merusak tanaman.
Berdasarkan pantauan awak media ini di lapangan, bukan di perkantoran saja ternak berkeliaran, namun disejumlah ruas jalan ternak masih bebas berkeliaran dan tak sedikit mengakibatkan terjadinya kecelakaan lalu lintas. Selain itu, tanaman warga tidak bisa berhasil, baik tanaman penghijauan maupun tanaman produktif karena dimakan ternak.
Tak hanya itu, di sepanjang jalan Trans Sulawesi dari arah Kota Kendari menuju ke Sulawesi Tengah (Morowali), pengendara harus berhati-hati karena sudah banyak terjadi kecelakaan lalu lintas diakibatkan oleh ternak yang berada di jalanan. Bahkan sering menelan korban jiwa, sehingga perlu adanya perhatian khusus oleh pemerintah daerah Konut. Jika tidak digubris, maka kejadian demi kejadian akan terus terjadi seperti rusaknya taman sejumlah kantor SKPD, halaman rumah warga dan kecelakaan lalu lintas, yang diakibatkan oleh ternak yang berkeliaran bebas. (k7)

 

Click to comment

The Latest

To Top