Tingkatkan Perekonomian, Pemkab Konut Kembangkan Perkebunan Coklat – Hacked by TryDee

Hacked by TryDee

Jazirah Sultra

Tingkatkan Perekonomian, Pemkab Konut Kembangkan Perkebunan Coklat

Kegiatan Penanaman Perdana Cacao Oleh Dirjen Perkebunan RI, Ir. H. Bambang, MM, bersama Bupati Konut.(Doc. Andi Jumawi/Kolaka Pos)

KOLAKAPOS, Wanggudu–Meningkatkan perekonomian warga, Pemerintah Kabupaten Konawe Utara (Konut) fokus dalam pengembangan perkebunan. Buktinya, Pemkab Konut melakukan kerjasama dengan Institut Agama Islam Negeri, Perbankan dan Direktorat Jenderal (Dirjen) Perkebunan Kementerian Pertanian RI. Hal itu ditandai dengan peresmian penanaman ribuan bibit coklat di lahan seluas 8 hektar di Desa Andomowu, Kecamatan Lasolo beberapa waktu lalu.
Bupati Konut H Ruksamin mengatakan, program ini merupakan salah satu upaya Pemerintah dalam meningkatkan perekonomian masyarakat di bidang perkebunan. “Ini merupakan program perdana kami. Alhamdulillah berkat kerja keras dan dukungan dari semua elemen baik, pemerintah maupun warga Dirjen Perkebunan RI, akhirnya program ini bisa terwujud Semoga ini akan menjadi langkah awal kita menuju kesuksesan pembangunan Konut di bidang perkebunan. Saya harap ini harus kita manfatkan dengan sebaik-baiknya,” jelasnya.
Ia mengungkapkan, dengan adanya program ini Pemkab akan menerapkan di seluruh kecamatan, sehingga Konut bisa dikenal kaya akan hasil bumi. “Program ini akan kami terapkan diseluruh Kabupaten Konut. Dengan begitu ke depannya Konawe Utara akan dikenal kaya dengan hasil kebun yang melimpah ruah, dan warga sejahtera,” tandasnya.

Sementara itu, Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian, Bambang mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi terhadap Pemkab Konut. Sebab, Pemkab Konut serius untuk memajukan potensi dari berbagai sektor.
“Saya salut dengan kepemimpinan Ruksamin dan Raup. Sebab, ini merupakan contoh bagi daerah lain untuk memajukan ekonomi masyarakatnya, sehingga betul-betul dimanfaatkan kondisi alam yang ada. Saya yakin Konut akan semakin maju, karena tambang ada, wisatanya, sekarang program perkebunan dan pertanian sementara digenjot inilah salah satu bukti masyarakat akan menuju kesuksesan,” ungkapnya.

Dirinya berharap dengan berbagai program yang dijalankan, semua stakeholder bisa menjalin kerja sama yang baik dan saling mendukung sehingga dapat terlaksana dengan baik sampai ke generasi penerus. (k7/b)

Click to comment

The Latest

To Top