Bengkalai Pembebasan Lahan Tuntas – Hacked by TryDee

Hacked by TryDee

SULSELBAR

Bengkalai Pembebasan Lahan Tuntas

KOLAKAPOS, Parepare–Sempat menuai kendala karena pembebasan lahan, sekarang tak ada lagi gangguan dalam proyek pelebaran Jalan Jenderal Sudirman Parepare. Itu karena dipastikan, semua masalah pembebasan lahan selesai secara administrasi. Sisa lahan sebanyak 38 bidang dan 15 lahan dinyatakan konsinyasi melalui Pengadilan Negeri Parepare, karena berbagai alasan termasuk di antaranya ada yang berkasus.

Untuk ke 38 bidang lahan tersebut, sementara dilakukan pembayaran oleh Pemkot Parepare. Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Simson Paitin mengatakan, bahwa sisa lahan sebanyak 38 bidang yang sebelumnya dilakukan pengukuran ulang, sekarang sudah dilakukan pembayaran. “Jadi ada 38 bidang sedang dibayar dan 15 bidang dinyatakan konsinyasi,” kata Simson, kemarin.
Kasubag Agraria dan Kawasan Bagian Pemerintahan Pemkot Parepare Ulfa Lanto mengatakan, pengurusan dan pengukuran 38 bidang yang tersisa lahan Jenderal Sudirman semuanya sudah selesai. Pemerintah Kota Parepare kata dia, meminta permohonan maaf jika selama ini pengurusannya dianggap lamban. Itu karena harus sinergi antara pemerintah kota dengan data yang akurat dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) Parepare.
Sebenarnya, proses pembebasan lahan ini yang menjadi penyebab keterlambatan pekerjaan. Itu menjadi perhatian serius Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) tingkat Kota Parepare.
Kepala Kejaksaan Negeri Parepare, Hj Reskiana Ramayanti, sudah menginstruksikan kepada pelaksana dan juga KPA pelebaran Jalan Jenderal Sudirman segera melakukan konsinyasi dan lebih cepat dalam pelaksanaannya.
“Bagilahan warga yang belum dibebaskan itu sebaiknya segera dilakukan langkah konsinyasi agar bisa mendapatkan kekuatan hukum untuk dilakukan pelebaran. Karena hingga saat ini progresnya belum maksimal sementara waktu yang tersisa hanya sebulan lebih,” ingat Kajari.
Dia bahkan meminta agar pekerjaan ini harus segera dimaksimalkan dan sebaiknya dikerjakan siang malam, kalau itu bisa mempercepat prosesnya.
Kepala Dinas Pekerjaan Umum Parepare, H Samsuddin Taha, mengaku, sudah menekankan kepada pelaksana agar menyelesaikan hingga batas waktu yang ditentukan. “Ya, kita sebagai KPA terus menekankan agar ini bisa segera dilaksanakan, dan kami sudah warning agar tidak melewati batas,” tegasnya. “Targetnya 68 persen dalam minggu kemarin, namun yang diselesaikan pelaksana 53,9 persen,” tandas Kadis PU. (parepos/fajar)

Click to comment

The Latest

To Top