APBD-P 2017 Disahkan Desember – Hacked by TryDee

Hacked by TryDee

SULSELBAR

APBD-P 2017 Disahkan Desember

Net/Ilustrasi

KOLAKAPOS, Palopo–Pembahasan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD Kota Palopo TA 2017 dilanjutkan. Hanya saja, sekali lagi terbentur pagu anggaran OPD yang belum terbentuk.

Untuk itu, diperkirakan, APBD Pokok 2017 tidak akan selesai 30 November, namun diperkirakan pertengahan Desember mendatang.

Makanya hanya dua BAB saja yang dibahas oleh Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Palopo dan Tim Banggar Pemkot Palopo, Selasa 29 November 2016.

Hasil kesepakatan rapat, pembahasan lanjutan akan digelar, Rabu 30 Nopember 2016 hari ini. Pantauan Palopo Pos, dalam pembahasan itu dipimpin oleh Ketua DPRD Palopo, Harisal A Latief didampingi Wakilnya, Islamuddin.

Itu dihadiri anggota Banggar DPRD Palopo, masing-masing Steven Hamdani, Andi herman, Abd Rauf Rahim, Asli Kaspen, H Hendry, Budiman dan Hj Idaria. Sedangkan dari Tim Anggaran Pemkot Palopo dipimpin oleh Kepala Bappeda, Firmanzyah dan Asisten II, Burhan Nurdin.

Usai pertemuan, Kepala Bappeda, Firmanza yang dimintai keterangannya mengatakan, pertemuan tersebut akan dilanjutkan esok (hari ini, red). Itu lantaran masih ada beberapa OPD yang baru diterima.
“Ada beberapa OPD yang baru kami terima. Ini yang belum kita serahkan anggarannya,” kata Firmanza.

Lanjut dia, isi dalam BAB III dan seterusnya yang ada pada PPAS tentang Prioritas Belanja Daerah, harus disinkronisasi antara anggaran dengan kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan.

“Masih ada OPD baru yang masuk ini yang akan disempurnakan dulu,” sebutnya.
Di tempat yang sama, Ketua DPRD Kota Palopo, Harisal A. Latief, mengatakan, pembahasan untuk

anggaran 2017 sudah selesai. Namun karena adanya OPD, adanya PP 18 yang sifatnya mendesak di tahun 2017, maka secara otomatis menghambat pembahasan di masing-masing kota/kabupaten maupun di provinsi.

“Ini berlaku skala nasional. Jadi, saya pikir untuk keterlambatan ini, itu merupakan persoalan yang wajar,” ucap Harisal.

Pada prinsipnya, lanjut Legislator Partai Golkar ini, DPRD dalam hal ini sebagai pembahas bersama tim anggaran sudah menjadwalkan hingga tanggal 30 Nopember 2016, pembahasan APBD 2017 sudah selesai. Namun karena adanya OPD yang tidak selesai-selesai, sehingga baru hari ini dibahas ditingkat PPAS.
“Sebelumnya kita sudah selesaikan PPA,” tambahnya.
Lebih jauh diungkapkannya, kendala sehingga kemarin tidak dibahas PPAS karena belum ada OPD untuk pembuatan pagu-pagu anggaran disetiap SKPD. Baik yang lama maupun yang sudah dimekarkan.

“Yang jelas, mekanisme sudah selesai di DPRD sejak Oktober kemarin. Yakin dan percaya pembahasan APBD Pokok 2017 tidak akan selesai 30 November. Perkiraannya baru bisa selesai antara tanggal 12 dan 13 Desember nanti,” tandasnya.(palopo pos/fajar)

Click to comment

The Latest

To Top