Papan Imbauan Dipasang di Lima Titik – Hacked by TryDee

Hacked by TryDee

SULSELBAR

Papan Imbauan Dipasang di Lima Titik

Sosialisasikan Nomor Telepon Damkar

KOLAKAPOS, Palopo–Waktu satu detik sangat berharga bagi pasukan Pemadam Kebakaran (Damkar). Sebab sedetik saja terlambat, api dapat membakar seisi rumah bahkan memakan korban jiwa. Untuk itu, Damkar memasang papan imbauan waspada kebakaran dan nomor telepon yang bisa dihubungi saat terjadi kebakaran.

Pemasangan papan imbauan tersebut dilakukan di lima titik. Yakni di wilayah Rampoang, Jl Yos Sudardo (sudut Taman Yos Sudarso), Binturu, Songka, dan di Jl Merdeka (simpang tiga Malaja).

Hal tersebut diungkapkan Kepala Damkar Kota Palopo, Drs Rahmad kepada Palopo Pos, Selasa 20 Januari. Menurutnya, seringkali personil Damkar terlambat tiba di lokasi kebakaran dikarenakan informasi yang diterima dari warga terlambat diterima.

”Kami tak henti-hentinya mengimbau kepada warga agar menginformasikan secepatnya kepada kami jika terjadi kebakaran, agar kami dapat lebih segera menyelamatkan atau melakukan pemadaman hingga kerugian yang diderita korban tak terlalu besar. Karena bagi kami, waktu satu detik itu sangat berharga untuk melakukan penyelamatan dan pemadaman sumber api,” kata Rachmad.

Menurut Rachmad, selain memasang papan imbauan, pihak Damkar telah mensosialisasikan nomor telepon Damkar yang bisa dihubungi dengan memasang baliho di sejumlah tempat, membagikan dan menempelkan stiker di rumah-rumah warga.

”Jika ada kebakaran warga bisa menghubungi hotline 0471-22501 dan 0471-3310507,” sebut Rachmad.

Selain itu, Rachmad menuturkan sejumlah program Damkar memprioritaskan antisipasi pencegahan dini kebakaran dengan memperkuat penyuluhan di masyarakat, yang mana difokuskan kepada para ibu rumahtangga. Pasalnya, mereka lah yang kebanyakan berada di rumah sehingga dapat lebih dini melakukan pencegahan kebakaran.

Menurut Rachmad, penyebab kebakaran didominasi karena hubungan arus pendek. “Yang paling banyak karena arus pendek dan membuka lahan. Karena tidak dapat mengontrol sehingga api membesar,” jelasnya.

Rachmad menghimbau kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati dengan rutin memeriksa instalasi listrik.

Untuk saat ini di Posko Induk Damkar Kota Palopo mempunyai 11 unit mobil operasional Damkar, yang terdiri dari 5 unit mobil pompa air, 1 unit mobil rescue, 1 unit mobil komando, 1 unit mobil semi pompa, dan 3 unit mobil pompa portabel dengan jumlah personil sebanyak 51 orang.
Idealnya, lanjutnya, untuk mengcover keseluruhan penduduk Kota Palopo, harusnya ada sekitar 6 sektor kantor pemadam kebakaran. Dimana setiap sektor itu harus memiliki masing-masing 1 unit mobil pompa, 1 unit mobil tangki, dan 1 unit bak penampungan air baku (Tandon Air).

Tetapi untuk saat ini, Kota Palopo baru memiliki 2 sektor kantor pemadam kebakaran yakni sektor utara dan sektor timur yang dalam hal ini masih tahap pembangunan.
“Agar jika terjadi kebakaran di setiap wilayah, petugas Damkar dapat segera melakukan pemadaman api karena setiap wilayah ada kantor sektor yang berada di sana,” jelasnya lagi.

Meskipun jumlah personil Damkar jauh dari kata ideal, namun personil Damkar tetap melaksanakan tugas dan amanah kemanusiaan yang harus dijalankan dengan profesional.
Saat ini, Damkar Kota Palopo tengah rutin melakukan sosialisasi di sejumlah kantor dan fasilitas umum. Dimana dalam sosialisasi tersebut, diberikan materi dan praktek cara mengantisipasi kebakaran di wilayahnya masing-masing.(palopo pos/fajar)

Click to comment

The Latest

To Top