Kondisi Geografis Rentan Bencana Alam – Hacked by TryDee

Hacked by TryDee

SULSELBAR

Kondisi Geografis Rentan Bencana Alam

KOLAKAPOS, Masamba–Bupati Luwu Utara H Indah Putri Indriani hadir dalam acara pencanangan kampung siaga bencana dan apel siaga bencana untuk tahun 2016, belum lama ini. Apel siaga ini di ikuti oleh 12 perwakilan tagana dari kabupaten kota se Sulsel.

Indah mengatakan melihat kondisi geografis Luwu Utara yang rentan terhadap bencana alam dan sosial, di mana kita tidak dapat mengetahui kapan bencana tersebut akan terjadi, karena itu pemerintah daerah sangat apresiatif terhadap semua pelaksanaan perencanaan khususnya tangan, BPBD, PMI, pemerhati, dan organisasi lainnya maupun masyarakat yang berada di lokasi bencana, dengan konsep penanggulangan bencana berbasis masyarakat, selain pemerintah, masyarakat juga dituntut berperan aktif dalam proses penanggulangan bencana.

Perubahan paradigma penanggulangan bencana internasional dari fatalistic responsive pada saat tanggap darurat, dengan menuju kepada proaktiv preparadiness di mana penanggulangan bencana di lakukan sejak dini melalui kesiapsiagaan sampai tahap pemulihan sosial.

Lanjut bupati, bahwa dengan pencanangan kampung siaga bencana yang dilakukan di Desa Lara, Baebunta diharapkan mampu memotivasi dan menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam penanggulangan bencana baik sebelum, saat dan sesudah bencana.
Dan juga berterima kasih kepada kementrian sosial RI atas bantuan begitu besar yang telah diberikan kepada kabupaten Luwu Utara dan juga kepada dinas sosial Provinsi Sulsel dan apresiasi yang tinggi kepada penggugat dibidang perencanaan atas segala dukungan dan kerjasamanya.

Pada kesempatan itu pula dilaksanakan simulasi penanganan bencana oleh tim tagana dan hadir pula pada pencanangan tersebut sekertaris daerah kabupaten Lutra Ir. H. Abd Mahfud MM, perwira penghubung TNI, Kapolsek Baebunta, Camat Baebunta dan Pimpinan SKPD serta para masyarakat Desa Lara dan juga penyerahan bantuan dari Kementrian Sosial RI dan Dinas Sosial Provinsi Sulsel. (palopo pos/fajar)

Click to comment

The Latest

To Top