Tim Penilai Adiwiyata Verifikasi SD 1 Antam Pomalaa – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Metro Kolaka

Tim Penilai Adiwiyata Verifikasi SD 1 Antam Pomalaa

SD Antam Pomala.FOTO:Mirwanto/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka–Tim Penilai Sekolah Adiwiyata tingkat Kabupaten Kolaka melakukan verifikasi atau penilaian di SD 1 Antam Pomalaa pada Sabtu 26 November kemarin. Tim yang diketuai oleh Kepala BLHK Kolaka, Wardi memulai melakukan penilaian langsung dan mengecek data terkait komponen penilaian sekolah Adiwiyata. Dalam penilaian itu, tampak seluruh warga sekolah SD 1 Antam antusias untuk menyukseskan momen tersebut.

“Dengan dukungan dari berbagai pihak terkait serta peran PT. Antam sendiri yang peduli terhadap kesuksesan SD 1 Antam Pomalaa ini, kami berkomitmen untuk menjadikan sekolah kami terbaik dalam Adiwiyata,” kata Hj. Wana, Kepala SD Antam 1 Pomalaa.
Dia juga mengatakan, akan berusaha melengkapi semua kekurangan yang masih ada terkait penilaian Adiwiyata tersebut.
Sementara itu, salah satu tim penilai sekolah Adiwiyata tingkat Kabupaten Kolaka menyatakan apresiasinya terhadap SD Antam 1 Pomalaa dalam berpartisipasi pada program sekolah Adiwiyata. “Kita sangat mengapreseasi apa yang sudah dicapai di SD 1 Antam ini, kita berharap terus ditingkatkan, dan bisa menjadi role model sekolah Adiwiyata di sekolah lain,” ungkap Mujabar.
Untuk diketahui Program Adiwiyata ini adalah program untuk mewujudkan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan (Permen Lingkungan Hidup Indonesia Nomor 05 Tahun 2013: Pasal 1).Dan bagi sekolah yang bisa mewujudkannya dan menjadi terbaik ditingkat Nasional akan mendapatkan Penghargaan Adiwiyata yang merupakan salah satu penghargaan lingkungan hidup yang diberikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup Indonesia.
Penilaian Adiwiyata didasarkan pada 4 kriteria, yakni; pengembangan kebijakan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan, pengembangan kurikulum berbasis lingkungan, pengembangan kegiatan berbasis partisipatif, dan pengelolaan dan pengembangan sarana pendukung sekolah yang ramah lingkungan.(cr4/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top