164 Bungkus Rokok Disita dari Pedagang – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SULSELBAR

164 Bungkus Rokok Disita dari Pedagang

Net/Ilustrasi

Terjaring Operasi Cukai Rokok Ilegal

KOLAKAPOS, Palopo–Sedikitnya 164 bungkus rokok dari dua merek disita tim gabungan Satpol PP, SubdenPOM, kepolisian dan Koramil Palopo. Itu diamankan dari sejumlah toko yang tersebar di Kota Palopo. Operasi Cukai Rokok Ilegal berlangsung, Kamis 24 November 2016, sekitar pukul 09.00 Wita hingga pukul 12.00 Wita, diawali dengan rapat tertutup.

Pantauan Palopo Pos, operasi diawali di Jl Andi Djemma. Tim gabungan berjumlah kurang lebih 50 orang personil memasuki toko-toko di jalan tersebut. Lalu, personil bergeser ke Jl Rambutan lalu berbelok ke Jl Durian II. Di jalan ini paling banyak ditemukan rokok bermasalah.

Di TKP, setiap rokok diperiksa. Ternyata, ada rokok merek Voontry dan Sport diduga merugikan negara. Pasalnya, dibungkus rokok tertulis 20 batang, sedangkan di filter tertulis 12 bungkus.

“Filter cukainya diduga palsu. Sangat jelas terlihat,” sebut Kasat Sabhara Polres Palopo, AKP Sanodding dimintai keterangannya oleh Palopo Pos.
Informasi yang diterima Palopo Pos, kegiatan ini dilaksanakan oleh Satpol PP. Namun dalam pelaksanaannya melibatkan kepolisian dan TNI untuk mendampingi. Dari Subdenpom ada dua orang dipimpin DansubdenPOM, Kapten CPM Adi Santoso.

Dari Koramil tiga orang dipimpin Danramil Wara, Kapten Inf Antong Makmur dan dari kepolisian delapan orang dipimpin Kapolsek Wara, AKP Arsyad Kaonga dan Kasat Sabhara Polres Palopo, AKP Sanodding.

Operasi Cukai Rokok Ilegal itu sendiri dipimpin oleh Kasatpol-PP, Ade Chandra. Untunglah dalam razia tersebut, pihak toko tidak keberatan rokok jualannya disita.

Kasatpol PP, Ade Chandra usai operasi mengatakan, operasi tersebut memang rutin dilaksanakan. Namun, khusus Kota Palopo baru pertama kali diadakan.

“Perintah dari provinsi, seluruh Satpol-PP yang ada di Sulawesi Selatan melakukan operasi cukai rokok ilegal,” kata Ade.

Menurut Ade, ada 164 bungkus rokok yang diamankan petugas dari pedagang. Ada 70 bungkus rokok merek Voontry dan 94 bungkus rokok merek Sport. “Soal pemusnahan barang bukti, kita menunggu petunjuk dari provensi,” tandasnya.(palopo pos/fajar)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top