Sidrap Terima Dua Penghargaan – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SULSELBAR

Sidrap Terima Dua Penghargaan

Net/Ilustrasi

KOLAKAPOS, Sidrap–Peringatan Hari Aksara Internasional (HAI) ke-51 Sulsel dan Hari Guru Nasional (HGN) 2016, yang dipusatkan di Lapangan Andi Makkasau, Parepare, ditandai dengan pemberian penghargaan. Penghargaan diberikan Gubernur Sulsel, Rabu kemarin.

Pemerintah Kabupaten Sidrap pada kegiatan itu, terbilang hebat, menerima dua penghargaan, yakni percepatan penuntasan tuna aksara dan penyelenggaraan literasi terbaik di Sulawesi Selatan (Sulsel). Bupati Sidrap, H Rusdi Masse (RMS) menerima penghargaan bersama dengan 18 Bupati, Wali Kota, dan pemerhati pendidikan se-Sulsel.

“Alhamdulillah, berkat dukungan dan kerja sama dari semua pihak, kita meraih dua sekaligus penghargaan, yakni percepatan penuntasan tuna aksara dan penyelenggaraan literasi terbaik di Sulawesi Selatan,” kata Bupati Sidrap, H Rusdi Masse, usai menerima penghargaan dari Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpoe.

Ketua DPW Nasdem Sulsel ini mengaku, wajar Sidrap meraih penghargaan tersebut, karena selama beberapa tahun terakhir, Pemda Sidrap terus menggenjot peningkatan mutu pendidikan melalui berbagai program, sehingga Bumi Nene Mallomo sebagai pusat percontohan literasi nasional.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sidrap, Nur Kanaah berterimakasih atas raihan penghargaan itu. Ia mengatakan, penghargaan ini akan menjadi pemicu semua pihak, khususnya di dunia pendidikan. “Hal ini akan menjadi penyemangat untuk terus menggalakkan budaya literasi, baik di sekolah maupun di lingkungan masyarakat,” ungkapnya.

Untuk meningkatkan program literasi di Sidrap, lanjut Nur Kanaah, pihaknya kembali membuka program lanjutan, yakni Sekolah Indah dan Hijau (Si Hijau) sebagai wadah pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (Pakem).

“Ini akan mendukung program literasi, utamanya dalam membaca 15 menit sebelum jam pelajaran dimulai. Selain itu, kita juga akan membangun perpustakaan sekolah dan rumah baca bekerja sama dengan Kodim 1420 Sidrap,” tandasnya.

Apresiasi
Sementara Pemerintah Kabupaten Pinrang mendapat apresiasi karena dinilai telah menjamin rakyatnya sehat sejahtera melalui integrasi Jamkesda ke program JKN-KIS. Apresiasi tersebut ditandai penghargaan yang diterima Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Mantong MSi mewakili Bupati Pinrang, di Hotel Grand Mercury, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Mantong mengaku, penghargaan tersebut sebagai bukti nyata Pemerintah Kabupaten Pinrang telah menunjukkan konsistensi dukungan terhadap program–program yang dilakukan BPJS guna melayani masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan.

Hal ini senada dengan pernyataan Bupati Pinrang, Aslam Patonangi dalam talkshow Halo Bumi Lasinrang, Rabu kemarin. Menurutnya, dalam pemenuhan hak masyarakat akan hidup sehat, ada dua hal yang perlu dilakukan, yaitu langkah pencegahan melalui program promotive preventive dengan peningkatan pola hidup sehat dan melayani masyarakat yang sedang sakit dengan sebaik-baiknya.

Aslam mengatakan, Pemerintah Kabupaten Pinrang sendiri menunjukkan konsistensi dukungan terhadap program–program yang dilakukan BPJS, karena hal itu bisa membantu pemerintah daerah guna mewujudkan cita-cita masyarakat yang sehat dan mendapat pelayanan kesehatan yang prima. (parepos/fajar)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top