Ratusan Kontingen Ikut UDG Tingkat Provinsi – Hacked by TryDee

Hacked by TryDee

Metro Kolaka

Ratusan Kontingen Ikut UDG Tingkat Provinsi

Asisten I Pemda Kolaka melepas kontingen UDG Kolaka yang akan bertanding pada kegiatan UDG tingkat provinsi Sulawesi Tenggara.FOTO:Dadang/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka–kegiatan Utsawa Dharma Gita (UDG) tingkat provinsi akan segera digelar. Untuk itu, Pemerintah Daerah (Pemda) melepas secara resmi, ratusan kontingen UDG Kolaka kemarin (25/11).

Bupati Kolaka, H. Ahmad Safei melalui Asisten Bidang Pemerintahan Kolaka, H. Muhammad Ismail mengatakan, bahwa kegiatan Utsawa Dharma Gita bertujuan sebagai media pelestarian sastra dan ajaran-ajaran agama Hindu. Selain itu, UDG merupakan lomba membaca ayat ayat suci Weda yang sama dengan kegiatan umat beragama lainnya.

“Kami berharap dalam Utsawa Dharma Gita Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara 2016 ini, Kontingen Kabupaten Kolaka dapat memberikan prestasi yang sangat baik dalam even tersebut. Namun yang paling khusus lagi bahwa Kontingen Kolaka dapat menjunjung tinggi sportifitas selama mengikuti lomba, menjaga keamanan dan ketertiban dalam acara tersebut, sehingga nama Kabupaten Kolaka bisa lebih baik lagi di masayarakat Sulawesi Tenggara,” terang Assisten I pemkab Kolaka ini.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana UDG Kabupaten Kolaka, Kadek Suarjana mengatakan bahwa Kegiatan ini penting sekali dalam rangka pembinaan dan pembentukan karakter generasi muda, karena dalam sastra itu terdapat nilai-nilai luhur ajaran agama yang bisa dijadikan pedoman dalam menghadapi kehidupan.

“Kegiatan UDG memang dinilai sangat perlu digelar mengingat diera globalisasi seperti saat ini terdapat berbagai isu dan ancaman yang patut diwaspadai, sehingga diperlukan penyamaan pemikiran dan tindakan dengan benteng ajaran agama yang kuat. Semakin sering materi-materi disampaikan semoga semakin baik karakter dalam menghadapi permasalahan-permasalahan yang ada. Ke depannya harus terus dilaksanakan, dan tidak berhenti hanya sekedar membaca membaca, tetapi dipahami makna dan artinya, serta yang terpenting diamalkan,” kata Kadek Suarjana.

Ia menambahkan, kontingen Kolaka pada kegiatan UDG tingkat provinsi Sulawesi Tenggara akan diikuti oleh 84 orang peserta dan offisial serta 20 orang panitia.

“Untuk jenis lomba yang diikuti oleh peserta UDG Kabupaten Kolaka terdiri dari 8 jenis bidang lomba yang terdiri dari Utsawa pembacaan sloka kategori tingkat anak-anak putra dan putri, remaja putra dan putri, utsawa pembacaan palawakya kategori tingkat remaja putra dan putri dan dewasa putra dan putri, utsawa pembacaan kakawin kategori tingkat remaja putra dan putri dan dewasa putra dan putri, utsawa nyantian keagamaan hindu kategori tingkat remaja campuran, utsawa dharma wacana berbahasa indonesia kategori tingkat anak-anak putra dan putri, remaja putra putri dan dewasa putra dan putri, utsawa dharma wacana berbahasa inggeris kategori tingkat remaja putri dan dewasa putra putri, utsawa dharma widya kategori tingkat SD, tingkat SMP dan tingkat SMA serta utsawa menghapal sloka kategori tingkat anak-anak putri, remaja putra dan dewasa putri,” terang Kadek Suarjana yang saat ini menjabat Kades Pitudua Kecamatan Tanggetada. (hud)

Click to comment

The Latest

To Top