Produksi Sapi di Konawe Meningkat 26 Persen – Hacked by TryDee

Hacked by TryDee

Jazirah Sultra

Produksi Sapi di Konawe Meningkat 26 Persen

Net/Ilustrasi

KOLAKAPOS, Unaaha–Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe dalam memproduksi sapi dengan cara program perkawinan inseminasi buatan (IB) tidak sia-sia. Buktinya, jumlah sapi potong di Konawe mengalami peningkatan yang cukup signigikan sebesar 26 persen.

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa mengatakan, melalui Dinas Peternakan dan kesehatan hewan telah diprogramkan perkawinan melalui Inseminasi Buatan (IB) atau kawin suntik. Program itulah yang saat menghasilkan produksi panen pedet (anak sapi potong) yang tiap tahunya mengalami peningkatan sehingga di harapkan jumlah populasi sapi di Konawe bisa memenuhui jumlah daging di Sultra.

“Ini adalah bukti kesuksesan peternakan kita. Saya berharap dinas terkait bisa bisa mengoptimalkan program ini, agar Konawe tetap menjadi produsen sapi bagi daerah lain, baik di Sultra maupun di luar provinsi,” jelasnya.

Sementara itu, Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan, Jumrin menuturkan, peningkatan populasi sapi yang di programkan dari IB ini dari tahun 2013 hingga tahun 2016 ini mengalami peningkatan populasi ternak sapi potong di Konawe, dimana pda 2013 populasi sapi potong hanya 30.972 sedangkan tahun ini naik menjadi 45.692 ekor.

“Data menunjukan tahun 2013 populasi ternak sapi potong di kabupaten konawe measih 30.972 ekor. pada akhir tahun ini 2016 sekarang ini berjumlah 45.692 ekor, atau mengalami peningkatan rata-rata 26 persen” tandasnya. (m4/b)

Click to comment

The Latest

To Top