Wujudkan Konsel Sehat, Pemkab Bentuk Satgas Mandara Mendidoha – Hacked by TryDee

Hacked by TryDee

Jazirah Sultra

Wujudkan Konsel Sehat, Pemkab Bentuk Satgas Mandara Mendidoha

Tim Satgas Mandara Mendidoha.FOTO:Saprudin/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Andoolo–Bupati Konsel Surunuddin Dangga rupannya tak main-main dalam mewujudkan visi Desa Maju Konsel Hebat. Demi mendukung program tersebut, Staf Ahli Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Peningkatan Sumber Daya Manusia Setda Konsel, Maharayu, membentuk satuan tugas (Satgas) mandara mendidoha.

Transformasi pembentukan satuan tugas mandara mendidoha tersebut, mengacu pada Peraturan Daerah (Perda) yang telah dibentuk sebelumnya, yakni Perda No. 22 tahun 2013 tentang desa Mandara Mendodoha diambil dari bahasa lokal (tolaki) yang berarti sehat, cerdas dan sejahtera.
“Satuan tugas mandara mendidoha ini bertujuan, untuk meningkatkan komitmen dan kerjasama semua pemangku kepentingan di kabupaten, kecamatan, desa dan kelurahan, dalam pengembangan dan penerapan Perda desa sehat, cerdas dan sejahtera. Dimana kita berharap dapat mewujudkan terjadinya peningkatan perilaku hidup sehat dan bersih kepada masyarakat. Disamping itu, guna mewujudkan Konsel sehat sebagaimana harapan bupati Konsel, yang telah tertuang dalam RPJMD Konsel lima tahun kedepan,” ungkap Maharayu.
Mantan Kadinkes Konsel ini memandang pembentukan itu sejalan pula dengan program Indonesia sehat. Dimana dalam program Indonesia sehat, lanjutnya, adalah upaya untuk mewujudkan masyarakat yang berprilaku hidup sehat dalam lingkungan yang sehat.
“Mampu menjangkau pelayanan kesehatan yang bermutu, untuk mencapai derajat kesehatan yang setinggi-tingginya. Olehnya itu, kami membentuk paradigma hidup sehat ditengah masyarakat, antara lain mencakup pemberdayaan masyarakat dalam upaya preventif dan promotif,” terang Maharayu.
Dia berharap, dengan pembentukan Satgas mandara mendidoha untuk mencapai visi pemerintah daerah menuju Konsel sehat, serta meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.
“Untuk mencapai itu (Konsel sehat, red) dimulai dari peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat, serta upaya untuk mencapai tujuan itu sangat bergantung pada komitmen yang kuat dari pemerintah daerah dan masyarakat,” tutupnya. (k5)

Click to comment

The Latest

To Top