Tanggul di Balandai Ambruk – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SULSELBAR

Tanggul di Balandai Ambruk

Warga Minta Dipasang Talud

KOLAKAPOS, Palopo–Tanggul di jalan poros Palopo – Walmas, tepatnya di Kelurahan Balandai, Kecamatan Bara ambruk sekitar 2 meter. Peristiwa ambruknya tanggul itu terjadi pada Jumat, 18 November 2016 malam lalu.

Menurut salah seorang warga, ambruknya tanggul itu disebabkan oleh derasnya curah hujan yang turun, sehingga mengikis tanah yang menjadi tempat bersandarnya tanggul tersebut. Selain tanggul yang jebol, terkikisnya tanah disekitar pemukiman warga juga mengancam bangunan rumah milik warga serta badan jalan.

”Kondisi ini setelah dilakukan pelebaran jalan pak. Kalau hujan deras turun, air pasti tergenang, dan perlahan mengikis tanah, sehingga menyebabkan longsor. Pas Jumat malam, karena tanah terus terkikis, menyebabkan tanggul yang baru dipasang ambruk,” jelas ibu.

Karena kondisi itu mengancam bangunan milik warga dan badan jalan, warga meminta kepada pemerintah Kota Palopo dan DPRD Kota Palopo untuk segera memberikan solusi. Minimal, kata dia ada talud yang dipasang, agar tanah yang terus terkikis tidak lagi melebar dan meruntuhkan rumah warga dan badan jalan.

”Harusnya ada talud disini pak. Karena setiap turun hujan pasti tanahnya terkikis terus dan
melebar, Kalau ada talud, mungkin pengikisan tanah tidak lagi terjadi,” tandasnya.
Sementara itu, anggota DPRD Kota Palopo, Herawati Masdin yang berada di lokasi, kepada wartawan mengaku prihatin dan segera membahas persoalan tersebut di DPRD dan memanggil pihak terkait.

”Saya juga kalau lewat di jalur ini selalu menemukan air tergenang dengan ketinggian sampai betis orang dewasa. Nah makanya hal ini perlu dibahas bersama dengan dinas terkait. Apalagi kondisi ini sudah mengancam warga yang bermukim disekitar, dan pengendara jalan,” tandasnya.(rhm/palopo pos/fajar)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top