Hentikan Pegerakan Teroris ke Sulsel, Pengamanan Lutim Diperketat – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SULSELBAR

Hentikan Pegerakan Teroris ke Sulsel, Pengamanan Lutim Diperketat

KOLAKAPOS, Lutim–Pengamanan di perbatasan mulai dilipat gandakan. Sistemnya berlapis-lapis. Hal ini dilakukan guna menghentikan pergerakan teroris dari Poso masuk wilayah Sulsel.

Kalpolda Irjen Pol Anton Charliyan, mengimbau seluruh jajaran Polres Luwu Timur untuk memperkuat dan meningkatkan penjagaan ketat di tapal batas.

”Saya sudah perintahkan semua anggota untuk memperkuat pasukan. Pengamanannya berlapis dari kesatuan yang ada,” tandas Anton CH, kepada Palopo Pos, di Malili.
Mulai dari pasukan brimob, sabara, anggota polisi di polsek, dan tim Garda Pallawa. ”Mereka melakukan penjagaan ketat,” kata kapolda.

Menurut kapolda, Luwu Timur adalah pusat perbatasan antara Provinsi Sulsel, Sulteng, dan Sutra. Dengan status seperti itu, kata dia, besar kemungkinan menjadi tempat pelarian para kelompok teroris.

”Lutim rawan masuk teroris. Untuk itu, saya tegaskan penjagaan ketat harus dilakukan,” tegasnya.

Anton mengatakan, untuk membatasi pelarian dari kelompok-kelompok radikal, tentunya harus melakukan penjagaan ketat di perbatasan.

Menyangkut dengan keamanan di daerah Luwu Timur, kata kapolda, bupati Luwu Timur sudah meminta keamanannya. Untuk itu, diharapakan pemerintah daerah juga mengimbau dan mengajak segenap pemerintah setempat, baik itu pemerintah desa, kecamatan, agar turut memantau perkembangan masyarakatnya.

BACA JUGA: PLN Jamin Pasokan Listrik Aman Selama Ramadan
Tujuanya, untuk mengidentifikasi warga yang dinilai mencurigakan. Sekaligus dapat memberikan informasi dini kepada pihak kepolisian terdekat. “Warga yang tidak dikenal itu tidak menutup kemungkinan adalah pelarian dari gerbong teroris dari daerah tetangga,” kata kapolda.

Untuk itu, imbuhnya, kapolda mengharapkan partispasi pemerintah setempat agar turut menjaga keamanan daerah ini. Agar aman dari kriminalitas, sekaligus bebas dari ancaman konflik yang bisa saja terjadi di Luwu Timur.

Bupati Luwu Timur, Thorig Husler, siap bekerjasama dengan jajaran kepolisian dalam mengawal keamanan di Bumi Batara Guru. Ia juga sudah minta pemerintah desa, kecamatan, sampai ke bawah agar aktif memantau warga pendatang di wilayah masing-masing.

Sementara itu, Kapolres Luwu Timur, AKBP Parojohan Simanjuntak,
telah menurunkan personilnya untuk melakukan penjagaan di tapal batas Lutim dengan Sulteng. ”Hal ini sebagai bentuk sarana menghentikan pergerakan kriminalitas masuk di wilayah Luwu Timur,” ujar kapolres Lutim.(palopo pos/fajar)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top