Mete Muna Peroleh Hak Paten Dari Kemenkumham – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Mete Muna Peroleh Hak Paten Dari Kemenkumham

ilustrasi

KOLAKAPOS, Raha–Mete Muna dinyatakan resmi menjadi hak paten sebagai produk asli hasil pertanian kabupaten Muna. Penyematan nama dengan merk Mete Muna sebagai hasil olahan produk unggulan tanaman berjenis jambu mete ini, setelah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Kemenkumham-RI) mengeluarkan sertifikat hak paten Indikasi Geografis, yang dicap dan ditandatangani Direktur Jendral Kekayaan Intelektual Prof. Dr. Ahmad M Ramli, SH, MH. Hal tersebut diucapkan Kepala Dinas Pertanian Muna Laode Hamalin, dalam kegiatan Musrenbang RPJMD Muna di ruang gedung Galampa Kantolalo jalan Bypass Raha.

Laode Hamalin mengatakan, sertifikat itu mempunyai kekuatan hukum yang mengikat. Menurutnya, hak untuk menggunakan nama produk pertanian Mete ini, hanya menjadi milik kabupaten Muna.
“Jadi tidak bisa lagi produk mete dipakai atas nama olahan lain. Jika terjadi maka dapat berkonsekwensi hukum,” katanya.
Lebih lanjut ia mengatakan, dengan dikeluarkannya sertifikat hak paten ini, dimana Mete Muna sebagai produk asli yang berasal dari hasil pertanian kabupaten Muna, sekaligus menutup nama produk-produk lain yang beredar dipasaran, dengan mencantumkan nama Mete sebagai merk produksinya.
Bahkan, menurut Hamalin, merk Mete Muna ini sudah mendapatkan pengakuan baik itu dari dalam negeri maupun dari laur negeri. “Mete Muna dicap sebagai produk terbaik di Indonesia, bahkan dunia. Dengan begitu, mata dunia akan tertuju pada salah satu pulau yang ada di Sulawesi Tenggara, karena kualitas dan karakteristik Mete Muna,” terangnya. (m1)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top