Pengerjaan Jalan di Laonti Ditarget Selesai Tepat Waktu – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Pengerjaan Jalan di Laonti Ditarget Selesai Tepat Waktu

KOLAKAPOS, Andoolo–Tak lama lagi warga yang bermukim di kecamatan Laonti, Konsel, bakal menikmati infrastruktur jalan rabat beton sepanjang 7,8 kilometer. Program jalan tersebut sesuai keinginan Presiden RI Jokowi dan Bupati Konsel Surunuddin Dangga, melalui visi misinya, yakni Desa Maju Konsel Hebat.

“Jadi diperkirakan pekerjaan rabat beton selebar 4 meter tersebut selesai dalam tiga tahun, yakni untuk tahun 2016 diupayakan selesai untuk sebelah kanan 2 meter dulu dengan anggaran Rp400 juta, untuk tahun depan kita fokus anggaran sekitar Rp700 juta untuk rabat sebelah kiri,” ujar Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Konsel, Syaifullah.
Tahun depan lanjut dia, pekerjaan tersebut sudah harus selesai 80 persen, kemudian penganggaran 2018 semua sudah harus rampung dengan deker dan marka jalan.
“Dengan panjang jalan sepanjang 7,8 kilometer, rencananya pekerjaan tersebut nantinya akan diresmikan oleh Kementerian Desa,” terangnya.
Lebih lanjut dijelaskannya, panjang jalan tersebut melintasi tujuh desa, yakni desa Peoindah, Laonti, Pundirangga, Kondono, Lawisata, Ulusawa dan Sanggi-sanggi.
“Dengan adanya Dana Desa (DD) masyarakat Laonti sudah menikmatinya, salah satunya adalah rabat beton. Selain itu Bupati Konsel berencana akan menyumbangkan sebuah Bus sekolah di wilayah itu, ketika jalanan sudah selesai dikerja,” ungkapnya.
Ia menambahkan, jalan tersebut bisa terwujud dengan adanya kerja sama pemerintah setempat dengan menggunakan DD.
“Selanjutnya membuktikan bahwa penggunaan DD itu benar-benar peruntukannya, untuk pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa. Kemudian cara kerjanya bukan dengan kontraktual, melainkan dengan padat karya atau gotong royong, kita berharap tahun depan anggarannya bisa lebih besar lagi,” harapnya. (k5)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top