Musrenbang Muna Gagas Sembilan RPJMD – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Musrenbang Muna Gagas Sembilan RPJMD

Suasana Musrenbang RPJMD Muna 2016-2021 yang digelar di Gedung Galampa Kontulalo jalan Bypass Raha.FOTO:Ahmad/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Raha–Pemerintah Kabupaten Muna menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang), Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Muna 2016-2021, dengan tujuan untuk menyempurnakan visi dan misi serta acuan pembangunan selama lima tahun kedepan, yang dilaksanaan di gedung Galampa Kontulalo, jalan Bypass Raha, Senin (21/11) siang.

Sembilan isu yang dituangkan dalam RPJMD ini, yakni revitalisasi pemerintahan daerah, pemberdayaan dan pengembangan ekonomi dan pemerintaan desa, pemberdayaan perempuan dan pemuda, pempercepatan pemerataan insfrastruktur pembangunan daerah, revitalisasi tata ruang wilayah, swasembada pangan dan optimalisasi potensi perikanan, pemenuhan pelayanan dasar masyarakat, pengembangan ekonomi kawasan (lokal dan refional) pariwisata, serta revitalisasi nilai-nilai religius, budaya dan nilai-nilai kemanusiaan. “Jadi pertemuan ini mencari payung hukum bukan usulan. Nanti usulan di RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah, red),” kata kepala Bappeda Muna Syahrir dalam sambutannya saat pelaksanaan RPJMD.
Di tempat yang sama, Ketua DPRD Muna, Mukmin Naini mengatakan, dengan adanya Musrenbang ini menjadi acuan dalam penyusunan RKPD. Sehingga penting bagi stakeholder mengikuti proses terkait dengan kegiatan ke depan. “Waktu yang cukup, dapat informasi jelas, Pemda menyelenggarakan kegiatan tidak keluar dari RPJMD untuk lima tahun ke depan,” katanya.
Sementara itu, Bupati Muna LM Rusman Emba menuturkan, Musrenbang menumbuhkan arah pembangunan yang termuat dalam visi dan misi pemerintahannya yang diemban saat ini. Sehingga dalam RPJMD harus dirumuskan lebih baik.
Orang nomor satu di Bumi Sowite itu menyebutkan, pertokoan dan plaza menjadi kebutuhan dasar. Sehingga, dalam prosesnya nanti dirumuskan serta dibangunkan pusat perdagangan yang representatif, sehingga masyarakat Muna tidak perlu keluar daerah lagi untuk berbelanja. “Perekonomian Muna bagus. Orang Muna katanya tidak bisa bangun daerahnya. Jadi lima tahun ini akan dibuktikan dengan memanfaatkan potensi yang cukup banyak di Muna,” terangnya.
Untuk diketahui, Musrenbang ini dihadiri Wakil Bupati Muna Abdul Malik Ditu, Ketua DPRD Muna Mukmin Naini, Kepala Bappeda Muna Syahrir, jajaran SKPD Muna dan Forkopimda Muna serta jajaran pemerintahan kecamatan dan desa/lurah. (m1)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top