Kodim 1416 Muna Gelar Sosialisasi Perspektif Ancaman Indonesia – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Kodim 1416 Muna Gelar Sosialisasi Perspektif Ancaman Indonesia

KOLAKAPOS, Raha–Pentingnya mengawal kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), ditunjukkan Komando Distrik Militer (Kodim) 1416 Muna, dengan menggelar sosialisasi perspektif ancaman Indonesia. Secara umum, permasalahan yang dapat menjadi ancaman bagi Indonesia dimasa depan yakni masalah terorisme, menipisnya minyak dunia, meningkatnya penyalahgunaan narkoba, meningkatnya jumlah penduduk dunia, berkurangnya sumber pangan, air dan energi dan persaingan ekonomi global yang ketat.

Dandim 1416 Muna Letkol ARH Hendra Gunawan mengatakan, kegiatan tersebut digelar agar seluruh komponen masyarakat, pelajar, tokoh agama, adat, serta pejabat daerah, dapat mengetahui apa sebenarnya yang terjadi di NKRI saat ini. “Mereka bisa lebih waspada dan bisa menjadi agen perubahan. Generasi muda, bisa saling membantu mengatasi apabila terjadi gangguan keamanan Negara,” ujar Letkol ARH Hendara Gunawan pada awak media usai membawakan materi sosialisasi perspektif ancaman Indonesia yang dihadiri Asisten I Pemda Muna Arman Anwar, Kesbangpol Muna Barat, Kasat Pol PP Muna Barat, PNS serta ratusan pelajar, serta masyarakat di kabupaten Muna.
Lanjut pria tegap berpangkat dua bunga di pundak ini, dilibatkannya pelajar dalam kegiatan sosialisasi perspektif ancaman Indonesia di wilayah kodim 1416 Muna di SOR La Ode Pandu jalan Baypas Raha Senin (21/11) siang itu, lantaran pelajar merupakan generasi muda yang bakal menentukan baik dan buruknya suatu bangsa. “Sangat penting mereka mengetahui sejak dini, agar mereka dapat melakukan pembelaan terhadap NKRI,” ucapnya.
Disinggung terkait dengan isu politik panas Pilkada DKI Jakarta, yang titik kerawananya dapat mengganggu stabilitas masyarakat hingga ke berbagai daerah di wilayah NKRI, Letkol ARH Hendra Gunawan langsung menampik hal tersebut. “Ini tidak ada kaitannya dengan Pilkada DKI. Kita lihat kerawanan-kerawanan ini karena sudah makin merajalela. Kejadian Pilkada DKI itu adalah belum tentu dari dalam, namun bisa berpotensi manakala itu ditunggangi. Karenanya kita perlu menyampaikan potensi-potensi bahaya yang mengancam negara kita,” jelasnya.
Sebagai komandan teritorial di wilayah Makodim 1416 Muna, Letkol ARH Hendra Gunawan berharap, agar masyarakat mengerti akan tugas dan kewajiban mereka sebagai warga negara Republik Indonesia, untuk menciptakan NKRI menjadi negara yang maju, tidak mudah terprovokasi dan menyadari pentingnya persatuan di NKRI. “Jadi besar harapan saya, semoga dari kegiatan ini, mereka menyadari kekeliruannya. Minimal dapat menyampaikan hal ini kepada para warga yang tidak bisa hadir dalam sosialisasi ini,” tandasnya. (m1)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top