Kecamatan Tamalate – BPM Sosialisasi Perwali – Hacked by TryDee

Hacked by TryDee

SULSELBAR

Kecamatan Tamalate – BPM Sosialisasi Perwali

Terkait Perwali Pemilihan RT/RW

KOLAKAPOS, Makassar–Pemerintah Kecamatan Tamalate bekerja sama dengan Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Kota Makassar mengadakan sosialisasi Peraturan Walikota (Perwali) Makassar, tentang Tata Cara dan Syarat Pemilihan Ketua RW dan RT di Aula Kantor Kecamatan Tamalate, Rabu (16/11). Pemilihan ini rencananya akan dilakukan secara serentak Februari 2017 mendatang.

Hadir dalam sosialisasi tersebut M Iskandar Lewa, S.STP (Kasubid Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat BPM Kota Makassar) sebagai pemateri didampingi oleh H Syamsul, S.Sos (Kasi Pemerintahan Kecamatan Tamalate), Ketua LPM, tokoh masyarakat, dan RT/ RW se Kecamatan Tamalate.

Pemilihan Ketua RT/RW serentak di 143 wilayah kelurahan ini akan direncanakan Februari 2017 mendatang..

Iskandar Lewa mengungkapkan, ada beberapa aturan dan syarat pemilihan RT/RW, yakni, setiap calon yang akan maju dalam satu wilayah harus berdomisil di wilayah tersebut dengan melampirkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) minimal satu tahun masa domisilinya di wilayah tersebut.

Adapun batasan usia yang bisa menjadi calon RT/RW, 30 tahun ke atas dengan pendidikan minimal SLTP untuk calon ketua RT dan tingkat SMA untuk calon ketua RW.Usia 30 tahun keatas sudah dianggap produktif untuk menjalankan tugas dan fungsi ketua RT/RW.

Ketua RT/RW terpilih akan mendapat tugas untuk mendukung dan membantu terlaksananya propram atau kebijakan pemerintah. Mereka harus mampu memenuhi dan melaksanakan, mentaati pencapaian sembilan indikator penilaian kinerja ketua RT/RW.

“Calon RT dan RW tidak boleh merangkap satu jabatan dalam satu wilayah. Misalnya Ketua LPM tidak boleh merangkap menjadi ketua RT/RW, kecuali menyatakan mundur dari salah satu jabatannya. Dalam pemilihan ketua RT/ RW, yang akan menjadi panitia pelaksana camat, lurah dan LPM,” ujar Iskandar.

Lebih jauh lagi M Iskandar Lewa mengatakan, tidak hanya syarat skil pendidikan dan batasan usia yang menjadi persyaratan mutlak untuk calon ketua RT dan RW, tetapi syarat yang paling penting adalah bagaimana seorang calon RT/ RW mampu mangaplikasikan sosial media.

“Seperti FB, Whatsapp, Line dan Path. Ini sangat penting untuk dimiliki bagi para calon Ketua RT dan RW,” ungkap M Iskandar Lewa.

Dalam Perwali Makassar, dituangkan masa bakti RT/RW tetap lima tahun. Namun dapat di PAW (Penghentian Antar Waktu) oleh lurah apabila bersangkutan pindah tempat tinggal, meninggal, tidak melaksanakan kewajibannya selama setahun.

Namun PAW ini tetap mengedepankan musyawarah dan mufakat serta masukan dari berbagai pihak. Semua perangkat pendukung akan disiapkan.

M Iskandar Lewa menambahkan, sosialisasi akan dilaksanakan November hingga Januari dilanjutkan dengan tahapan penetapan panitia pemilihan. Lalu, dilakukan pendataan jumlah rumah tangga yang memiliki hak suara.

“Setelah itu, pendistribusian undangan untuk memilih. Untuk jadwal tetap pemilihannya, kita akan meminta petunjuk dari Pak Wali Kota. Formatnya sudah ada, tinggal penentuan jadwal pelaksanannya,” ujar Iskandar. (fmc)

Click to comment

The Latest

To Top