Puluhan Hektar Sawah di Konawe Terserang Hama – Hacked by TryDee

Hacked by TryDee

Jazirah Sultra

Puluhan Hektar Sawah di Konawe Terserang Hama

ilustrasi

KOLAKAPOS, Unaaha–Sejumlah lahan persawaan di kecamatan Tongauna dan Tongauna Utara sejak panen ke dua dan ke tiga tahun ini mengalami penurunan hasil produksi. Ini di akibatkan karena sejumlah lahan terserang hama penggerek batang yang berimbas pada kurang berisinya bulir padi.

Narso salah satu petani asal Tongauna menyampaikan bahwa serangan hama pada batang padi ini terjadi di hampir seluruh hampatran sawah di kecamatan tongauna dan tongauna utara, meski sudah di gunakan pestisida pembasmi hama akan tetapi hama ini masih aktif, menurutnyapenggunaan pestisida ini kurang efektif karena keberadaan hama sudah menyebar luas di hamparan yang lain.
” Kita sudah gunakan racun tapi tetap saja sama, karena kita (petani- red) lamban menangani hama ini. Jadi kurang efektif di gunakan kalau terlebih dahulu sudah di serang, seanandainya belum terserang mungkin bisa di basmi tapi inikan di proteksinya nanti ada kita lihat batang padi yang sudah kosong isinya buahnya” katanya.
Nasrso melanjutkan penurunan jumlah hasil produksi ini mencapai 50 persen per hektarnya. Hal ini di nilai dari hasil padi jika keadaan normal, jika tidak terserang hama tanaman padi perhektar dimana perhektar sawah itu bisa menghasilkan sekitar 60 karung gabah, namun saat terserang seperti sekarang jumlah produksi hanya berkisar 30 sampai 40 karung saja hal ini di keluhnya.
“Normalnya itu perhektar bisa mencapai 60 karung lebih gabah, kalau sekarang itu hanya 30 sampai 40 karung, serangan ini sudah kali keduanya terjadi, sebelumnya itu saat bulan puasa dan sekarang” keluhnya.
Saa di tanya apakah ada penanganan dari dinas terkait, dirinya menyampaikan bahwa penanganan dari dinas pertanian sudah menghimbau tapi kan hama ini susah di proteksi dini karena berada di dalam batang nanti terlihat jika sudah ada buah yang kosong.
“Biasa kita di himbau tapi kan itu lagi tadi, proteksinya yang susah karena hama batang yang berada di dalam batang padi” terangnya. (m4/b/hen)

Click to comment

The Latest

To Top