Pemkab Konsel Apresiasi Adanya Program APIK – Hacked by TryDee

Hacked by TryDee

Jazirah Sultra

Pemkab Konsel Apresiasi Adanya Program APIK

KOLAKAPOS, Andoolo–Pemkab Konsel menyambut baik dan memberikan apresiasi atas pemilihan Konsel, sebagai salah satu lokasi program Adaptasi Perubahan Iklim dan Ketangguhan (APIK).

Wakil Bupati Konsel Arsalim menjelaskan, program tersebut nantinya bertujuan untuk mengumpulkan masukan dan nantinya akan mengeluarkan satu rekomendasi penting, dalam rangka mengantisipasi perubahan iklim di Konsel.
“Tentunya dengan bantuan APIK yang dibiayai oleh Amerika Serikat (AS), saya kira akan memberikan sinergitas program yang cukup baik dari sisi penganggaran dan sisi wawasan SDM (sumber daya manusia, red) kita,” jelasnya.
Menurutnya, lahan Konsel yang sangat luas memiliki kontribusi besar terhadap perubahan iklim global.
“Kita memiliki hutan yang sangat luas, perikanan dan juga pertanian yang begitu luas, ini kan punya kontribusi terhadap efek rumah kaca. Kalau ini kita tidak antisipasi, saya kira barang kali bisa berdampak pemanasan global yang terus menerus,” ungkapnya.
Dampak dari pemanasan global, sekarang sudah dirasakan dengan adanya gejala elnino. Hal tersebut diakibatkan adanya perubahan iklim yang penyebabnya bisa terjadi secara alamiah dan faktor manusia.
“Untuk itu yang faktor manusianya ini yang akan kita antisipasi, supaya tidak mempercepat terjadinya pemanasan global. Hal ini sudah dibahas dalam RPJMD kita yakni adaptasi lingkungan, sebagai salah satu kebijakan kita. Selanjutnya kita mempersiapkan peraturan daerah (Perda), yang berkaitan dengan indikasi bencana, terakhir yakni dengan sisi aksi,” paparnya.
Ia menambahkan terkait aksi tersebut, akan melibatkan seluruh SKPD sehingga nantinya secara implementasi bisa menghasilkan sasaran yang optimal.
“Kita berharap kerja sama ini akan berlangsung secara terus menerus, mudah-mudahan bukan hanya lima tahun tetapi bisa berkelanjutan sampai seterusnya. Karena pemanasan global ini tanggung jawab kita dan dunia, jadi bukan hanya Indonesia saja,” harapnya. (k5)

Click to comment

The Latest

To Top